Kuliner Bandung - Lontong Kari Kebon Karet


Wisata Kuliner Indonesia #406
Kuliner Bandung
Lontong Kari Kebon Karet
Gg. Kebon Karet - Jl. Otto Iskandar Dinata, Bandung


Ada satu menu sarapan yang unik kalau kamu lagi di Kota Bandung, namanya Lontong Kari. Kuliner Bandung yang satu ini belum penah saya temukan di kota lain. Walau namanya kari tapi rasanya cenderung mirip gulai dengan kuah yang lebih ringan, berisi potongan lontong yang umumnya ditemani dengan daging lemak (tetelan) sapi. Kita bisa menemukan penjaja lontong kari di berbagai sudut di kota kembang ini, baik yang mangkal maupun yang berkeliling dengan pikulan atau gerobak. Salah satu penjual lontong kari yang melegenda adalah Lontong Kari Kebon Karet. Namanya diambil dari tempat berjualannya yang berlokasi di Gg Kebon Karet, dekat dengan kantor Gubernuran Jl. Otto Iskandar Dinata (Otista), tepat di seberang Hotel Guntur. Apa sih yang membuat lontong kari kebun karet ini beda dan spesial dibanding lontong kari lainnya?

Dinding Lontong Kari Kebon Karet yang dipenuhi foto para pesohor negeri ini
Memang, lontong kari yang disajikan di sini agak berbeda dengan lontong kari kebanyakan, jika umumnya bahan utama yang digunakan adalah daging tetelan yang berlemak, Lontong Kari Kebon Karet menggunakan daging sengkel tanpa lemak dengan kuah yang lebih kental dan legit. Perbedaan lainnya, kita juga bisa temukan kentang rebus kecil, telur puyuh dan telur ayam dalam sajiannya, selain taburan kacang polong dan bawang goreng yang menyempurnakan salah satu legenda kuliner Bandung ini. Emping, jeruk limau dan kecap manis menjadi pelengkap plus tentunya sambal yang bisa kita bubuhkan. Semburat rasa manis menyeruak ketika kita menyeruput kuahnya, berpadu dengan rasa gurih santan dan daging sapi. Lontong yang disajikan pun memiliki kekenyalan yang pas, gak terlalu keras pun tak terlalu lembek. Semuanya itu terjaga kualitasnya karena sang pengelola yang merupakan generasi kedua pendiri Lontong Kari Kebon Karet ini masih terus mengawasi kualitas produk secara langsung. Yup, kuliner yang satu ini memang layak disebut legenda karena sudah berjualan sejak tahun 1966, seperti tertulis di daftar menunya. Mengutip artikel dari Kompas, Lontong Kari Kebon Karet dirintis H Engkos Kosasih dan Hj Eti Suryati pada tahun 1966. Awalnya, mereka berjualan di pinggir Jalan Otto Iskandardinata depan Gang Kebon Karet, tidak jauh dari kediaman resmi Gubernur Jawa Barat. Sekitar tahun 1999, mereka membeli sebuah rumah di Gang Kebon Karet. Selanjutnya, mereka berjualan di rumah itu hingga sekarang dan dikelola oleh anak-anaknya.

Gerbang Gang Kebon Karet, Lokasi Kedai Lontong Kebon Karet
Walau banyak yang menjadikan Lontong Kari sebagai menu sarapan, tapi Lontong Kari Kebon Karet ini buka dari pagi jam 7 sampai 8 malam, membuat kita punya opsi untuk menjadikannya menu sarapan makan siang ataupun makan malam. Satu porsi Lontong Kari Spesial bisa ditebus dengan harga Rp. 22.000, sedangkan untuk menu biasa harganya Rp. 20.000. Perbedannya hanya ada di telur ayam saja. Saat ini, lontong kari kebon karet juga membuka cabang di beberapa outlet The KiosK (Braga, Ciwalk, Dago dsb) dan Foodcourt Trans Studio Mall. Tapi buat saya, menyantap di tempat aslinya memberi kesan yang lebih mendalam dibanding menyantapnya di outlet-outlet modern itu. Kamu gitu juga nggak?

Peta dan Alamat Lontong Kari Kebun Karet:
Gg. Kebon Karet - Jl. Otto Iskandar Dinata (seberang Hotel Guntur) Bandung
Koordinat GPS: -6.91404, 107.60503
Google Maps:

Comments

  1. wihhhh enak nya lontong kari ....
    kapan-kapan semoga bisa nyobain deh

    ReplyDelete
  2. Kayanya enak bange tuh gan , wajib di coba !

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Sebagai seorang food blogger yang menetap di Bandung, sudah selayaknya mengunjungi kuliner legendaris ini :P

      Delete
  4. Bikin ngiler aja tuh makanan, jadi pengen nyoba...

    ReplyDelete

Post a Comment