Tuesday, March 14, 2017

Kuliner Jakarta - Soto H. Ma'ruf


Wisata Kuliner Indonesia #404
Kuliner Jakarta
RM Soto Betawi H. Ma'ruf
Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73 - Jakarta Pusat
Telp: 021 3148817 / 0811160921


Banyak kota yang punya kuliner khas yang namanya soto, sebut saja Soto kuning di Bogor, Soto Tauto di Pekalongan, Coto di Makassar, Sroto di Banyumas, Soto Medan, Soto Padang dan sebagainya. Juga di ibu kota negara kita, ada hidangan yang namanya Soto Betawi sebagai salah satu kuliner Jakarta yang harus dicicipi. Salah satu penjaja Soto Betawi yang legedaris adalah Soto H. Ma'ruf yang berada di dalam komplek Taman Ismail Marzuki - Cikini. Gimana gak legendaris, soto ini sudah memulai usahanya sejak sebelum kemerdekaan! Sejak tahun 40an, sang pendiri Haji Ma’ruf bin Said telah meracik bumbu untuk menghasilkan soto betawi terbaik, dan saat ini usahanya telah diwariskan ke generasi keduanya.

Kedai Soto H. Ma'ruf
Potongan daging sapi, lidah, kikil, paru goreng, usus dan babat, tenggelam dalam kuah santan kental khas yang kaya rempah. Emping, bawang seledri dan bawang goreng menjadi pelengkap, plus acar, sambal dan kecap manis yang membuat kuliner khas Jakarta ini menjadi paripurna. Kuah santannya gurih, bersama nasi hangat, dengan cepat kuahnya pun langsung tandas. Isinya pun generous, dan yang paling asik adalah menikmati paru gorengnya yang tetap garing walau sudah direndam kuah soto. Untuk satu porsi Soto Betawi ini kita harus menebusnya dengan harga Rp. 38.000.

Guntingan koran dan photo Presiden Jokowi yang  tengah bersantap di Soto H. Ma'ruf terpampang di dinding kedai
Awalnya H. Ma'ruf berjualan dengan soto dengan pikulan di kantor PLN dekat gambir, dan kemudian berpindah-pindah ke beberapa tempat sampai di tahun 1983 menempati salah satu kios yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki. Di dinding kedai tampak guntingan koran yang memuat artikel tentang soto ini. Dan tidak tanggung-tanggung guntingan berita koran tahun 1960an pun terpampang, masih dengan ejaan djaman doeloe. Di artikel yang memuat cerita perjuangan H. Ma'ruf berjualan soto betawi itu juga disebutkan bahwa bahwa Jenderal Nasution dan Soediro (mantan walikota Jakarta?) adalah salah satu pelanggan setianya ketika masih menjajakan soto di kawasan stasiun Gondangdia. Para presiden negeri ini pun pernah cicipi soto legendaris ini, dari era Pak Harto, Gus Dur dan Ibu Mega. Pun pemimpin saat ini, Jokowi-JK, potonya yang tengah bersantap terpasang di dinding rumah makan Soto Betawi H. Ma'ruf.

Walau banyak kedai makan modern yang menjamur saat ini, tapi tempat kuliner legendaris seperti ini di Jakarta tetap menjadi buruan saya. Kalo kamu gimana?

Peta dan Alamat Soto Betawi H. Ma'ruf
Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73
Koordinat GPS: -6.189744, 106.838644




Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. Sotonya enak, tapi lumayan nguras kantong wkwkwk

    ReplyDelete