Wednesday, March 15, 2017

Kuliner Jakarta - Soto H. Husen



Wisata Kuliner Indonesia #405
Kuliner Jakarta
Soto Betawi H. Husen
Jl. Padang Panjang No. 6C, Manggarai - Jakarta
Telp: 021 83706476


Jalan Padang Panjang di kawasan Manggarai bukanlah jalan yang besar, ukurannya hanya cukup untuk sekitar dua mobil dan jalannya satu arah. Tetapi parkiran di pinggir jalan tersebut sangatlah ramai, terutama menjelang makan siang. Salah satu "biang kerok"-nya adalah adanya kedai Soto Betawi H. Husen di sisi kanan jalan yang merupakan salah satu kuliner legenda di kota Jakarta. Sejak dibuka sekitar pukul setengah delapan pagi, silih berganti para penggemar soto betawi racikan H. Husen ini memadati kedai yang tidak terlalu besar ini, baik untuk dimakan di tempat ataupun dibungkus. Tak heran, ketika masuk jam makan siang, sulit menemukan tempat duduk di sini dan sudah banyak potongan daging atau jerohan yang sudah habis. Bahkan ketika saya bertandang ke sana, pukul 12.50 siang kedai ini sudah menolak pesanan yang datang karena sudah habis! Sebenarnya apa keistimewaan dari Soto Betawi H. Husen ini?


"Campur pak?" sapaan yang juga tawaran menu langsung disampaikan oleh salah seorang pramusaji di kedai ini begitu saya duduk. Campur mengacu pada soto campur, yang artinya semua potongan yang tersedia dimasukkan dalam sajian soto betawi ini. Ada potongan daging, kikil, paru, usus dan babat dalam kuah santan yang panas dan gurih. Taburan emping dan bawang daun menjadi pelengkap. Jika tidak mau semuanya, kita pun bisa "customize" untuk isian soto ini sesuai dengan selera kita. Yang saya lakukan pertama adalah menyeruput kuahnya dulu untuk "menyelidiki" rasa, dan rasa gurih kaya rempah langsung menyeruak di dalam rongga mulut memanjakan indera pengecap saya. Hanya perlu menambahkan sedikit sambal dan sedikit tetesan kecap manis untuk membuat hidangan makan siang saya hari ini terasa sempurna. Perlu merogoh kocek sebesar 34ribu rupiah, untuk menikmati satu porsi Soto Betawi H. Husen.

Soto Betawi H. Husen, demikian yang tertulis di kaca kedai ini dan spanduk besar di depannya (bukan Soto H. Husein seperti yang banyak orang tuliskan). Dan kalau kita googling, maka banyak yang menyebutkan bahwa kedai Soto H. Husen ini tutup pada pukul 17.00. Tapi kenyataannya ketika saya bertandang ke sana, sebelum pukul 1 siang pun sajian di kedai ini sudah habis dan banyak pelanggan yang tampak kecewa karena harus meninggalkan Soto H. Husein dengan tangan kosong. Jadi buat kamu yang gak mau kecewa juga, saya sarankan datanglah ke Soto H. Husen paling tidak di waktu brunch sekitar pukul 10an gitu, karena jika telat banyak pilihan potongan daging atau jerohan yang sudah ludes, atau bahkan bisa jadi sotonya pun sudah ludes.

Peta dan Alamat Soto Betawi H. Husen:
Jl. Padang Panjang No. 6C, Manggarai - Jakarta
Koordinat GPS: -6.21303, 106.84484


Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. pernah nyobain juga kemarin lusa pas mau naik KRL mampir dulu, Mantabbb dan JOSSSS ....
    Rekomended deh ..

    ReplyDelete
  2. Belom pernah sih, tapi bolehlah buat rekomendasi kuliner di jakarta :D

    ReplyDelete