Wednesday, January 6, 2016

Kuliner Bekasi - Sop Janda, Cikarang


Wisata Kuliner Indonesia #385
Kuliner Bekasi
SOP JANDA
Jalan Raya Industri No. 183B, Pasir Gombong - Cikarang
Telp: (021) 8983015


Namanya memang memancing rasa penasaran, Sop Janda. Tapi janda disini ternyata adalah kependekan dari Jawa-Sunda, ya memang katanya racikan menu di tempat makan yang satu ini adalah paduan dari citarasa jawa dan sunda. Entah benar atau tidak. Tapi yang jelas Sop Janda yang berada di kawasan Jababeka Cikarang ini menghadirkan menu utama sop yang berbeda. Perbedaan pertama tampak ketika kita memesan, sang pramusaji langsung menanyakan tingkat kepedasan yang diinginkan, dan hanya dua pilihan yang dia ucapkan: sedang atau pedas. Saya memesan Sop Kaki Janda dengan tingkat kepedasan sedang, harganya satu porsi 55ribu. Terasa mahal tapi ternyata yang hadir semangkuk besar sop dengan potongan kaki sapi yang berlimpah. Ini sih dimakan berdua juga belum tentu habis. Tidak hanya daging, tampak juga cabe rawit yang berlimpah di dalam kuah sop ini. Inilah kunci kesegaran kuah sop ini sekaligus sumber rasa pedas yang menjadi andalan dari Sop Janda ini. Kaki sapi yang kenyal pun memberikan kenikmatan sendiri, sehingga tidak puas menggunakan sendok, akhirnya saya harus "turun tangan" juga.

Menu Sop Janda (Rp. 27k)
Ada juga menu Sop Janda, yang berisi tulang dan daging sapi, tetapi dalam porsi yang lebih kecil. Seporsi harganya Rp. 27ribu. Bisa pilih paket sop janda keren dengan harga Rp. 55ribu tapi sudah ditambah dengan nasi, sate sapi sebanyak tiga tusuk dan teh botol. Oh iya, nasi di tempat ini bebas ngambil sendiri loh, dan tampaknya "free flow", cocok buat yang rongga lambung untuk nasinya besar :). Cuma saya kurang puas dengan sop janda standar ini, dagingnya agak keras dan kurang banyak hehehe. Sate sapinya juga kurang nendang, dan teksturnya masih agak alot. Jadi pilihan saya di tempat ini jatuh ke Sop Kaki Janda nya. Ada satu lagi menu andalannya yaitu Sop Janda Heboh yang berisikan daging iga sapi, tapi yang satu ini saya belum sempet coba.

Kedai Sop Janda di Jl Raya Industri - Cikarang (arah SGC)
Sop Janda ini berlokasi di kawasan Jababeka Cikarang, tepatnya di Jalan Raya Industri tidak jauh dari Pintu 7 yang mengarah ke Sentra Grosir Cikarang (SGC). Berada di kawasan industri, tidak heran jika di jam makan siang tempat makan ini dipenuhi para pekerja yang ingin merasakan segar dan pedasnya kuah sop janda. Tapi siap-siap saja bermandi peluh yah, karena tidak hanya kuah yang panas dan pedas, tapi udara kawasan Cikarang yang juga panas juga akan siap menyambut kita. Apalagi tempat makan ini tidak berpendingin ruangan. Walaupun begitu, tetap saja Sop Janda ini selalu menggoda para pelanggannya untuk kembali menyeruput kuahnya yang memang beda.

Peta dan Alamat Sop Janda Cikarang:
Jalan Raya Industri No. 183B, Pasir Gombong
Koordinat GPS: -6.287091, 107.152476


Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. wah nanti aku kepengen mampir ke sop janda ini kalo main ke bekasi Kuliner Indonesia memang top semua

    ReplyDelete
  2. pasti yang punya restoranya janda ya mas hehe

    ReplyDelete
  3. mak nyus sotonya, mantabz....
    Terimakasih atas informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya dan baca artikel yang berjudul kuliner khas Banyuwangi

    ReplyDelete
  4. Hmmm ngiler, aku perna makan yg di cikini tapi biasa aja rasa nya

    ReplyDelete