Sunday, December 27, 2015

Kuliner Bogor - Kedai Soto Ibu Rahayu


Wisata Kuliner Indonesia #380
Kuliner Bogor
KEDAI SOTO IBU RAHAYU
Jl. Pajajaran No. 117 - BOGOR
Telp: 0251-8316666


Indonesia punya aneka ragam dan corak hidangan Soto. Sebut saja Soto Medan, Soto Padang, Soto Betawi, Soto Bogor, Soto Bandung, Tauto, Soto Lamongan, Soto Banjar, Coto Makassar, Soto Garut dan masih banyak lagi. Tapi ada satu kedai soto di kota Bogor yang selain menyajikan soto kuning dan soto Mie yang merupakan kuliner khas Bogor, juga menyajikan hidangan soto yang berbeda, yang tidak pernah dijumpai di tempat lainnya. Nama tempatnya: Kedai Soto Ibu Rahayu. Misalnya saja salah satu andalannya ini: Soto Oseng. Soto atau Oseng? Ini yang bikin penasaran begitu lihat buku menu di tempat ini. Yang hadir memang paduan dari oseng daging dan kuah soto. Daging sapi pilihan dioseng dengan bumbu khas kedai ini, menghadirkan satu sajian oseng daging istimewa, dipadu dengan kuah soto yang bisa kita pilih: kuah santan atau kuah bening. Kuah santannya sendiri serupa dengan kuah kuning khas dari soto kuning bogor. Paduan oseng dan soto yang unik ini ternyata bisa memberikan cita rasa berbeda tapi tetap aduhai di indera pengecap kita.


Buat yang suka pedes coba juga sajian unik lainnya dari Kedai Soto Ibu Rahayu: Soto Rica. Irisan daging sapi yg ditumis bersama bumbu-bumbu khusus & cabai, menyajikan rasa pedas yang menggigit tapi bisa tenetralisir dengan kuah soto yang disajikan bersama olahan rica tersebut. Saya lebih menyukai menggunakan kuah santan, karena kuahnya kental dan nonjok.

Buat yang pengen sajian soto premium bisa pilih Soto Wagyu. Ya, kayaknya baru di Kedai Soto Ibu Rahayu ini daging wagyu yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar steak, dipakai untuk bahan soto. Cakepnya lagi, daging wagyu ini tidak dibumbui terlalu rumit, sehingga daging wagyu yang sudah terkenal kelembutannya itu kita bisa nikmati maksimal dan masih terasa juicy. Kuahnya tetap dipisah sehingga tidak merusak cita rasa dan teksur dagingnya. Jika soto lain kisaran harganya sekitar 20 ribuan, maka untuk menikmati soto wagyu ini kita harus mengeluarkan uang hampir dua kali lipatnya.

Masih banyak yang bisa dinikmati di Kedai Soto Ibu Rahayu ini, selain Soto Kuning dan Soto Mie khas Bogor, juga ada Soto Goreng yang berisikan gorengan daging sapi dan paru, Soto Ayam dengan gagrak Lamongan yang menggunakan koya sebagai taburan pelengkapnya, serta Sop Sayur yang mengkombinasikan daging dan aneka sayuran dalam kuah sop yang segar. Kedai ini pertama kali buka di Jl Pajajaran (samping SPBU Shell), sebuah jalan utama di Kota Bogor. Sebelum akhirnya membuka cabang kedua nya di Jl Sholeh Iskandar (atau dikenal juga dengan Jalan Baru), dan berlanjut dengan membuka outlet di Bellanova Mall Sentul City. Di akhir tahun 2015 ini, Kedai Soto Ibu Rahayu kembali membuka cabang barunya di Jl. Pajaran Indah V (dekat perumahan Villa Duta). Jadi buat yang sedang berwisata kuliner di Bogor dan mau menikmati sajian soto yang berbeda di tempat lain silakan berkunjung ke Kedai Soto Ibu Rahayu.

Peta dan Alamat Kedai Soto Ibu Rahayu:
Jl. Pajajaran No. 117 - BOGOR
Koordinat GPS: -6.57576, 106.80786



Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Soto Wagyu? Wih, enak sepertinya tuh..selama ini taunya Wagyu dijadikan menu Steak saja.
    Kapankapan kalau ke Bogor bisa dicoba nih ;)

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama soto oseng. Kalau liat penampakannya sih terlihat lezat.

    ReplyDelete
  3. Wahh.. makan soto di bogor pas musim hujan kyknya pas. Saya mau kulineran di bogor tak sengaja menemukan blog ini. Salam kenal mas :)

    ReplyDelete