Tuesday, August 18, 2015

Kuliner Bandung - Sop Buntut Dahapati


Wisata Kuliner Indonesia #375
Kuliner Bandung
SOP BUNTUT DAHAPATI
Jl. Cipaganti 146 Bandung
Telp: (022) 7101301

Jika berbicara mengenai Sop Buntut, maka sang maestro kuliner Bondan Winarno selalu menyebut Sop Buntut Dahapati di Bandung ini sebagai "one of the best" di Indonesia. Tak heran Sop Buntut Dahapati ini juga menjadi salah satu ikon Kuliner Bandung. Kuah sop dengan rasa kaldu yang menggigit dengan sentuhan aroma kayu manis dan cengkeh, menggenangi potongan wortel dan kentang dan tentunya potongan buntut sapi dengan tekstur yang lembut. Aroma kuahnya kaya tapi tidak maghteg, pas. Daging buntutnya yang paling juara, sangat empuk dan tidak perlu bersusah payah untuk melepaskannya dari tulangnya. Dan juga jumlahnya dalam satu porsi cukup dermawan, tidak pelit. Nasi putih hangat dan emping adalah teman pelengkap yang membuat hidangan sop buntut ini paripurna. Satu porsi sop buntut ini bisa ditebus dengan harga Rp. 60.000,-.

Di Sop Buntut Dahapati ini juga jangan lupa untuk mencoba cicipi Sop Buntut Goreng nya. Daging buntutnya digoreng dengan cita rasa sedikit manis dengan taburan bawang goreng. Disajikan dengan kuah sop buntut yang sama. Gak kalah lezatnya dengan sop buntutnya. Harga untuk satu porsi Sop Buntut Goreng ini Rp. 62.500,-. Dan menu ini bisa kita nikmati untuk makan pagi, siang ataupun malam. Kenapa? Karena jam buka Sop Buntut Dahapati ini mulai dari jam 8 pagi sampai 10 malam...

Sumber Gambar: http://bandung.panduanwisata.id/yuk-mencicipi-sop-buntut-di-dapur-dahapati/
Ketika berbicara mengenai sop buntut ada tiga "brand" yang melekat di "top of mind" saya. Yang pertama adalah Sop Buntut Ma Emun Bogor, yang sekarang sudah diwariskan kepada penerusnya yaitu Sop Buntut Mang Endang dan Sop Buntut Ibu Imas. Yang kedua adalah Sop Buntut Legendaris di Hotel Borobudur Jakarta. Yang ketiga adalah Sop Buntut Dahapati Bandung. Dan yang terakhir inilah yang baru saya cicipi paling akhir juga. Menyusuri Jalan Cipaganti Bandung yang masih rimbun dengan pepohonan besar, kita bisa menemukan sop buntut dahapati ini sebagai menu utama sebuah rumah yang masih bergaya kolonial di sebelah kanan jalan yang berada tepat di seberang pom bensin (SPBU). Area parkir yang tidak begitu luas di halaman rumah yang bergaya Belanda ini tampak dipenuhi beberapa mobil para pelanggan yang akan mencicipi lezatnya sop buntut yang memulai usahanya sekitar tahun 80an. Dan selain di Jl Cipaganti, kini Sop Buntut Dahapati juga membuka cabangnya di kawasan Jl. Anggrek, tidak jauh dari Taman Super Hero.

Kalo Anda penggemar sop buntut dan tengah wisata kuliner di Bandung, tandai Sop Buntut Dahapati ini sebagai salah satu destinasi Anda.

Peta dan Alamat Sop Buntut Dahapati:
Jl. Cipaganti 146 Bandung
Koordinat GPS: -6.887726, 107.602248


Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. terlihat segar dan nikmat bener sop buntut ini. klo ke bandung mau nyobain ah.

    ReplyDelete