Saturday, July 25, 2015

Kuliner Bandung - Sate Maulana Yusuf


Wisata Kuliner Indonesia #374
Kuliner Bandung
SATE MAULANA YUSUF
Jl. Maulana Yusuf No.21 Bandung
Telp: 022 4234096


Bandung memiliki banyak pedagang sate yang memiliki reputasi yang tak perlu diragukan lagi, terbukti dengan usahanya yang bertahan hingga puluhan tahun. Salah satunya adalah Sate Maulana Yusuf yang sudah "membakar sate"-nya sejak tahun 80an. Nama Maulana Yusuf sendiri diambil dari nama jalan tempat sate ini dijual yaitu Jl Maulana Yusuf, tidak jauh dari Jl Ir. H. Juanda/Dago. Andalannya dari awal adalah Sate Ayamnya, tak heran dulu dikenalnya sebagai Sate Ayam Maulana Yusuf. Apa sih istimewanya sate ayam di tempat ini? Saya pesan satu porsi sate ayamnya. Hadir terlebih dahulu bumbu kacangnya, tidak terlalu halus tapi juga tidak kasar. Rasa gurih dan semburat rasa legit berpadu dalam bumbu kacang ini. Pedasnya tidak kentara, tapi disediakan cabe rawit dalam acar bagi yang ingin menambah pedas. Tak lama kemudian hadirlah sate ayam, setiap tusuknya diisi dengan daging ayam pilihan tanpa lemak. Terasa ada bumbu yang meresap ke dalam dagingnya, menandakan sate ini dibumbui dengan baik dulu sebelum dibakar. Tekstur dagingnya juga memperlihatkan bahwa daging yang digunakan untuk sate ini merupakan daging ayam pilihan serta diolah dengan baik, sehingga mudah untuk dicerna. Kesimpulannya memang gak salah sate Maulana Yusuf ini bisa bertahan lebih dari 20 tahun, hasil olahannya juara!


Tergoda untuk juga memesan sate kulitnya, Sate Kulit Ayam juga menjadi salah satu signature di Sate Maulana Yusuf. Tidak banyak tempat sate yang menyajikan sate kulit secara "serius". Tekstur kenyalnya asik, dengan bumbu yang sudah membalut seluruh kulit dengan merata. Kulitnya pun tebal-tebal tapi tidak bikin eneg, asik lah pokoknya. Oh iya, untuk satu porsi sate ayam Maulana Yusuf harganya Rp. 35.000,-. Mungkin terasa relatif mahal apabila dibandingkan dengan penjual sate ayam yang lain, tapi dengan potongan daging di setiap tusuknya yang besar dan cita rasa yang dihadirkan, menurut saya setimpal lah.

Rata-rata penjual sate yang terkenal di Bandung menjadikan sate kambing sebagai "unggulan"-nya, sebut saja Sate Hadori, Sate Gino, Sate Kardjan, Sate Haris dan sebagainya. Mungkin itu juga yang membuat Sate Maulana Yusuf seolah tak punya "saingan" dalam menyajikan sate ayam dengan kualitas dan juga harga yang premium di kota kembang ini. Atau kamu punya penjaja sate favorit yang lain?

Peta dan Alamat Sate Maulana Yusuf:
Jl. Maulana Yusuf No.21 Bandung
Koordinat GPS: -6.90073, 107.61342


Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. Ish penasaran banget, ntar kalo kebandung nyobain ah

    ReplyDelete
  2. Ahhhh sate langgananku nih! rasanya emang enak dan satenya besar mengeyangkan hehe

    ReplyDelete
  3. banyumurti nama tempat apa nama si masnya ya? ..hehehe
    templatenya dirapihin designnya biar lebih mantaps om. thanks!
    liburankami.com

    ReplyDelete
  4. Di Malang juga ada gan sate enak, tepatnya di Batu "sate hotplate" patut di coba.......

    ReplyDelete
  5. Wow..
    satenya menggoda mata & lidah..
    Kalo di Lombok ada ayam taliwang mas http://goo.gl/pkUV4v :D

    ReplyDelete