Thursday, July 16, 2015

Kuliner Bandung - Roti Gempol


Wisata Kuliner Indonesia #372
Kuliner Bandung
ROTI GEMPOL

Jl Gempol Wetan No. 14 Bandung
Telp: 022 - 4239469

Menu utama di tempat ini cuma roti bakar, tapi ada yang beda dengan roti bakar di tempat lain, di sini tersedia pilihan roti putih biasa dan rotu gandum, selai itu rotinya pun buatan dapurnya sendiri. Kelembutan tekstur roti di tempat inilah yang memang menjadi magnet penarik utama para pelanggannya. Ya, Roti Gempol, salah satu kedai yang memproduksi roti legendaris dari kota kembang Bandung. Pagi itu saya mengunjungi kedai Roti Gempol ini yang mungil di kawasan Jl Gempol, kapasitas kedai yang kecil memang membuat beberapa pelanggan rela duduk di luar sambil menikmati sarapan rotinya. Pesanan saya pertama adalah Roti Bakar Komplit Gandum Perseorangan yang berisikan daging asap, telur dan keju. Yang saya suka dari roti gandum di sini: tebal dan empuk. Berbeda dengan roti gandum yang umumnya bertekstur agak kasar, di sini roti gandumnya menjadi favorit karena teksturnya yang lembut, tak beda jauh dengan roti biasa. Juara... Belum lagi isinya yang tidak terlalu berlebihan, tapi memang menjadikan sarapan saya pagi ini terasa begitu istimewa. Harga satu porsi Roti Gandum Komplit perseorangan ini 18ribu rupiah. Kenapa disebut perseorangan?

Karena ternyata Roti Gempol pun menyediakan porsi untuk ririungan alias bersama-sama, satu porsi roti bakar ririungan ini bisa dinikmati 3-4 orang. Selain roti gandum kita juga bisa menikmati roti putih, yang dapat "diisi" dengan pilihan yang sama: manis, asin (keju dan telur), spesial (daging dan keju/telur) serta komplit (daging keju dan telur). Walau sarapan roti bakar gandum komplit sudah cukup mengenyangkan, tapi karena rasa penasaran, saya memesan yang isi manis. Untuk yang roti manis ini tersedia beragam pilihan isi: cokelat, susu, kacang dan aneka selai (serikaya, strawberry, nanas). Kita juga bisa mengkombinasikannya dengan maksimal 3 pilihan. Buat saya, yang isi manis juga tak kalah cakepnya dengan yang asin (komplit). Pilihan selai yang tepat membuat cita rasa roti bakar ini cukup menggoda. Mungkin ini semua karena bahan dasar rotinya yang mumpuni. Untuk roti bakar putih manis harganya 8ribu, sedangkan untuk yang gandum 9ribu rupiah saja.


Untuk minumnya, teh, kopi atau susu bisa kita nikmati bersama sang roti. Tapi ada satu yang beda di sini: Addic'tea. Ini adalah minuman teh susu olahan aneka rasa yang disajikan dalam botol olahan. Tersedia beragam rasa seperti kopi, cokelat, pisang, mint, taro dan sebagainya. Addic'tea bukanlah asli produknya Roti Gempol, tapi minuman yang cukup happening di Bandung ini banyak memikat para pelanggan di kedai ini karena rasanya yang unik dan cocok menjadi teman bersantap sang roti gempol.


Roti Gempol ini memang legend, terbukti bertahan sejak dibukanya di tahun 1958! Jam buka setiap harinya pun cukup lama, mulai dari jam 7 pagi sampai 9 malam. Para pengunjung Kedai Roti Gempol ini juga lebih banyak membeli roti untuk dibawa pulang. Tidak hanya Roti Bakar, di sini juga kita bisa mendapatkan roti isi yang harganya berkisar antara 4500-6000 rupiah, roti sobek, juga roti tawarnya yang kondang. Roti Tawarnya pun ada beberapa pilihan: Biasa (9rb), Spesial (11rb), Super (12rb), Gandum (13rb) dan Gandum-harvermut (15rb). Selain di kedai pusatnya di Jl Gempol Wetan ini, Roti Gempol ini juga bisa kita nikmati di kedai Kopi Anjis Jl. Surya Sumantri No. 25 dan di Jl. Bengawan 34. Jadi kalau berwisata kuliner di Bandung, catat Roti Gempol ini sebagai salah satu destinasi kuliner kamu. Gak kan nyesel deh.

Alamat Roti Gempol (beserta map dan koordinat GPS-nya):
Jl Gempol Wetan No. 14 Bandung
Koordinat GPS: -6.902824, 107.615763


Kuliner lain di kota ini:



7 comments:

  1. penasaran deh kang....cleguk...

    ReplyDelete
  2. wah noted banget ini kang,
    wajib coba kalo lagi ke Bandung. nuhun infona.

    ReplyDelete
  3. waaah, kykna enak tuh..
    resep segini banyak, dapat darimaan ya?

    ReplyDelete
  4. wah keren banget gan informasi nya , sangat bermanfaat deh

    ReplyDelete
  5. Pernah nyoba nih dibawaain adik pas dia pulang gari itu, rasa yang sangat enak.

    ReplyDelete