Sunday, April 19, 2015

Kuliner Bogor - Sate H. Ismail


Wisata Kuliner Indonesia #368
Kuliner Bogor
Sate H. Ismail
Jl. Ceremai Kios 9-10, Taman Kencana - BOGOR
Telp: 0856 97080700


Ketika Presiden Jokowi memutuskan untuk "berkantor" di Istana Bogor, mengundang banyak masyarakat dan media mengarahkan matanya ke salah satu istana kepresidenan yang terkenal dengan kawanan rusanya ini. Salah satu yang menjadi topik adalah, apakah jamuan yang disajikan kepada para tamu di istana Bogor ini. Sebuah koran harian nasional di salah satu edisinya menghadirkan tulisan ringannya menyebutkan bahwa salah satu sajian yang disiapkan untuk para tamu di Istana Bogor adalah sate yang didatangkan dari penjaja sate yang berasal dari kawasan Taman Kencana. Saya langsung menebak, pasti sate yang dipesan oleh istana ini adalah Sate H. Ismail, yang memang berjualan setiap harinya di kawasan Taman Kencana. Untuk mengkonfirmasi hal tersebut, saya sempatkan untuk bersantap di sana sambil bertanya-tanya. "Betul pak, sate kita memang sering dipesan untuk Istana Bogor", aha... tebakan saya tidak salah. Sate H. Ismail memang sudah melegenda sebagai salah satu penjual sate madura di Bogor yang sudah membakar satenya sejak tahun 60an. Apa yang menjadi keunggulan dari Sate H. Ismail ini sehingga bisa bertahan selama itu?

Sate yang disediakan di sini, seperti umumnya para penjual sate lainnya, adalah Sate Kambing dan Sate Ayam. Sate kambingnya disajikan dengan bumbu kecap yang tersaji dengan potongan tomat, bawang merah dan cabe rawit. Tanpa bumbupun kita akan merasakan aroma legit dari kecap yang meresap ke dalam setiap serat dagingnya. Tak perlu usaha keras untuk dapat melepaskan satu persatu potongan daging kambing dari tusukannya. Cita rasa dan kelembutan daging kambing ini yang membuat banyak pelanggannya sulit untuk berpaling. Setiap tusuk Sate Kambing H Ismail disajikan tanpa lemak, tapi kadang terselip ati. Nikmati bersama sepiring nasi hangat dan acar, beressss... Satu porsi, yang berisi 10 tusuk, sate kambing di tempat ini cukup ditebus dengan harga Rp. 26.000.

Sate Ayam H. Ismail juga tak kalah istimewa, berisi potongan daging ayam tanpa lemak, sate ayam ini diguyur dengan bumbu kacang manis dan taburan bawang goreng. Olahan sate ayam ini juga menghasilkan sajian yang bikin ketagihan, daging ayam yang digunakan tampak telah diseleksi dengan baik menghasilkan potongan sate dengan tekstur yang terjaga. Yang paling suka adalah olahan bumbu kacangnya, tidak kasar juga tidak lembut, dengan rasa manis dan timpalan aroma gurih khas kacang tanah. Untuk satu porsi sate ayam berisi 10 tusuk kita cukup menebusnya dengan harga Rp. 16.000 saja.

"Abah sih udah jualan sejak tahun 65, tapi dulu awalnya jualan keliling. Baru tahun 70 menempati tempat yang sekarang ini, di kawasan Taman Kencana" begitu tutur penerusnya yang tengah melayani pelanggan di balik meja kasir. Tak heran jika Sate H. Ismail ini juga lebih banyak dikenal oleh orang Bogor dengan sebutan Sate Taman Kencana. Jadi, kalau dihitung-hitung H. Ismail sudah berjualan sate selama setengah abad! Dan sampai sekarang Abah, begitu biasa H. Ismail dipanggil, masih sering turun membantu melayani pelanggan di kiosnya. Bahkan nomer hapenya pun dipajang buat orang yang mau memesan sate via telepon. Sebuah totalitas sejati dari seorang legenda kuliner. Tak salah jika Istana Bogor menghadirkan Sate H. Ismail ini sebagai sebuah jamuan istana. Jadi jika ingin tahu lezatnya sate yang disajikan di Istana Bogor, datang saja ke kedai kecil ini di kawasan Taman Kencana untuk menikmatinya.

Peta Lokasi / Alamat Sate H. Ismail (Taman Kencana)


Yuk berburu Kuliner di Kota Bogor lainnya di sini.

Kuliner lain di kota ini:



6 comments:

  1. Terima kasih ya mas artikelnya bikin laper aja

    ReplyDelete
  2. pasti untungnya besar sekali, karna lokasinya sangat strategis

    ReplyDelete
  3. Benar kata yang atas ane ... kaga sengaja liat berbagai jenis makanan di sini jadi lapar ...kaya kebayang gimana !!

    ReplyDelete
  4. aduh pak itu tusuk sate nya bikin saya ngiler .. eh eh eh maksud nya satenya pak :) yang baca ini semua merasa lapar .. hihi termasuk saya :p

    ReplyDelete
  5. Thak You Makasih Pak Admin Artikel Bagus Sangaat Bermanfaat
    Melihat Artikel ya Jadi Laper aku Gan. hehehehehe

    ReplyDelete
  6. pak itu tempannya di mana. pengen nyobain klo pas ke bogor juga pernah nyobain di daerah bintaro, gak kalah enak.

    ReplyDelete