Friday, April 3, 2015

Kuliner Bogor - Martabak Kingkong


Wisata Kuliner Indonesia #365
Kuliner Bogor
MARTABAK KINGKONG
Depan Alfamart Jl. Bangbarung (Jl Achmad Sobana), Bantarjati - BOGOR


Martabak manis, siapa yang tidak kenal kudapan yang satu ini. Aoonan yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan gula dipanggang dalam ketel atau semacam loyang besi berbentuk bundar, kemudian ditaburi cokelat, gula, kacang, susu, dan lainnya sesuai selera. Seiring berjalannya waktu varian toping dari martabak ini juga mulai beragam, ada yang menggunakan keju, ketan hitam, kelapa, kismis, pisang, nangka dan sebagainya. Tapi ada yang berbeda dengan topping martabak manis yang disediakan oleh Martabak Kingkong, di daftar menu kita akan melihat pilihan topping yang "kekinian", sebut saja: Kit Kat Cokelat, Strawberry dan Green Tea, Snickers, Cokelat Van Houten dan Toblerone, Oreo, Coco Crunch, Marshmallow, Selai Nutella, Choco dan Choco Hazelnut Spread dari Ceres, Cokelat M&M's, Ovomaltine, bahkan Es Krim Magnum! Tentunya kita tidak bisa pilih semua topping tersebut dalam satu martabak, untuk ukuran kecil hanya bisa memilih dua topping sedangkan martabak ukuran besar bisa memilih sampai 4 topping. Contoh martabak yang saya pilih: adonan dasar martabak setelah dioles mentega kemudian dioles Ceres Choco Hazelnut, kemudian di atasnya ditaburi Coco Crunch, M&M's dan Marshmallow yang dibakar terlebih dahulu, dengan proporsi area yang sama. Awalnya saya pikir martabak ini akan terasa terlalu manis buat lidah saya, tapi ternyata dugaan tersebut salah, karena tidak tercampur maka justru kita punya keasikan tersendiri dalam menyantap setiap bagiannya. Dan choco hazelnut yang menjadi bahan olesan ternyata mengambil peran signifikan dalam melapisi rasa martabak ini menjadi ciamik. Jempol layak diberikan tidak hanya untuk kreativitasnya tapi juga atas cita rasa yang disajikan.

Menu Martabak Kingkong, harga berkisar dari Rp. 15rb s.d Rp. 90rb
Bagaimana dengan harganya? Disparitas harga cukup besar di Martabak Kingkong ini, tergantung dengan topping yang kita pilih. Untuk ukuran mini paling murah bisa kita beli dengan harga Rp. 15.000 sedangkan martabak besar yang paling mahal berharga Rp. 90rb. Untuk pilihan topping seperti di atas harus saya tebus dengan harga Rp. 75rb. Tapi yang perlu diperhatikan bahwa ukuran besar juga tidak sebesar martabak manis pada umumnya. Terkesan mahal memang, tapi jika melihat bahan baku premium yang digunakan memang layak dihargai seperti itu. Dan asiknya, topping yang diberikan memang tidak pelit, tidak hanya sekedar menutupi bahan dasarnya tapi memang menumpuk berjejal demi memberi kepuasan bagi para pembelinya

Outlet Martabak Kingkong Bogor
Sejatinya, Martabak Kingkong Bogor ini adalah cabang dari Kota Medan yang telah sukses "menjajah" kota tersebut dengan 12 gerainya dan satu cabang di kota Kisaran. Seperti dikutip dari okezone.com, outlet di Bogor ini adalah cabang ke-14 dari usaha yang dibangun oleh Risty Nasution dan Mahardika Krisnapati. Berjejer dengan "gerobak" lainnya di pelataran alfamart bangbarung seperti kebab baba rafi, aneka juice dan lainnya, Martabak Kingkong baru bisa kita temui mulai sore hari yaitu pukul 16.00 dan tutup pukul 21.00. Alat produksinya yang terbatas membuat banyak pelanggan harus rela mengantri untuk mendapat giliran mendapatkan pesanan martabaknya. Tapi itu tidak menyurutkan niat mereka untuk bisa turut menikmati manisnya Martabak Kingkong yang berbeda. Penasaran?

Untuk menikmati wisata kuliner Bogor lainnya silakan klik disini.

Peta Lokasi / Alamat Martabak Kingkong Bogor:


Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. buat saya, marshmallow itu paling enak disantap memang setelah dibakar. Saya belum pernah nyobain untuk toping martabak. Tapi, coba membayangkan marsmallownya yang panas bikin lumer di lidah. Sepertinya enak juga buat toping martabak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi... marshamallownya lumer di mulut dan menyatu dengan ingredients lainnya. sluruuuppp...

      Delete