Monday, March 30, 2015

Kuliner Manado - Bambuden Resto

Ikan Mas Woku Belanga - Khas dari Bambuden Sario Restaurant

Wisata Kuliner Indonesia #362
Kuliner Manado
BAMBUDEN RESTAURANT
Jl. Pemuda No. 2 Sario – Manado
Telp : 0431 - 852459 / 864096 / 9197772

Ada yang berbeda dari sajian di restaurant yang satu ini. Hanya tiga menu yang ditonjolkan: Ikan Mas Bakar Rica, Ikan Mas Woku Belanga dan Ikan Mas Goreng Crispy. Walau hanya itu saja menu andalannya, tapi malam itu ketika saya mengunjungi resto Bambuden yang berada di kawasan Sario - Manado ini, semua bangku di resto ini tampak hampir semuanya terisi. Apa yang membuat hidangan resto ini istimewa? Saya coba pesan Ikan Mas Woku Belanga, setelah menunggu cukup lama hadirlah satu mangkuk ikan mas dalam kuah kuning beraroma khas. Semula saya pikir kuah woku ini menggunakan santan, tapi ternyata tidak, rempah yang berlimpahlah yang membuat hidangan ini harum dan menggugah selera. Rasa gurih dan sedikit rasa pedas muncul ketika kuah woku ini diseruput, dan bumbu ini meresap ke dalam daging ikan mas. Sebuah cita rasa yang dihasilkan dari paduan dari daun jeruk, daun kemangi, kunyit, jahe dan aneka rempah lainnya, tak lupa gigitan rasa pedas dari cabe rawit yang memperkaya rasa. Biasanya bumbu woku belanga ini menggunakan ikan laut seperti kakap dan bobara, tetapi sajian di Bambuden ini menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas ini sebagai bahan utamanya. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan pembeda dari tempat makan yang satu ini.

Ikan Mas Bakar RIca
Yang tak kalah layak untuk dicoba adalah Ikan Bakar Rica-nya. Ikan mas segar dibakar dengan bumbu rica yang minimalis, menyisakan tekstur ikan yang terjaga dengan balutan rasa pedas yang nendang khas rica. Jika kita terbiasa menikmati ikan bakar di pulau Jawa, mungkin kita akan merasa sajian ikan bakar yang satu ini terasa "plain", tapi justru disitulah kelebihannya menurut saya. Kita memang diajak untuk benar-benar "makan" ikan dengan menikmati aroma khas yang keluar dengan tekstur ikan yang tetap utuh. Sentuhan rasa asin nan gurih dan cubitan rasa pedas dari bumbu rica muncul hanya untuk "pemanis" saja. Cakep....


"Untuk mempersingkat waktu menunggu, pesanan dapat diorder terlebih dahulu lewat telepon melalui nomor: 082291107708, Terima Kasih", begitu pesan yang tampak di meja kasir Bambuden Resto ini. Tadinya saya tidak begitu mengerti kenapa pesan seperti itu perlu dipajang sedemikian rupa, tetapi maksudnya baru saya sadari setelah ikan mas woku belanga yang saya pesan baru hadir 45 menit setelah pesanan disampaikan. Waktu yang sangat lama ini tentunya cukup menyiksa, karena aroma wangi masakan dari meja sebelah telah mengusik ketenangan aneka bakteri yang hadir di alat pencernaanku. Ada dua hal yang menyebabkan pemesanan ini berlangsung cukup lama: yang pertama adalah proses memasak yang memang lama dan yang kedua adalah adanya dua rombongan besar yang hadir pada malam itu dan sudah melakukan reservasi sebelumnya, sehingga pesanan saya mendapatkan urutan agak jauh di belakang... Nasib... Tapi mungkin itulah berkah karena dengan perut yang lapar, maka setiap syaraf di indera pengecap kita dapat menikmati setiap titik rasa yang dihasilkan oleh sajian yang dihidangkan ini. Yang jelas jika tengah berwisata kuliner di Kota Manado, Ikan Mas Woku Belanga dan Ikan Mas Bakar Rica olah dari Bambuden Resto ini layak untuk dimasukkan dalam agenda wisata yang anda susun.

Mau Wisata Kuliner di Manado yang lainnya? Silakan klik tautan ini...

Peta Lokasi / Alamat Bambuden Sario Restaurant:


Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. Sudah pernah coba ikan Payangka di Tondano mas? Bebek yang menggunakan bumbu RW?

    ReplyDelete
  2. Wah lezat banget pasti. Saya suka sambal Manado yang cabe dan tomatnya hanya dicincang, tidak diulek. Pedesnya bikin ketagihan.

    ReplyDelete