Saturday, January 3, 2015

Kuliner Pangkal Pinang - Mie Koba


Wisata Kuliner Indonesia #354
Kuliner Pangkal Pinang
Mie Koba
Jl. Balai No. 83 Pangkal Pinang


Mie Koba, nama yang cukup asing bagi banyak orang. Ya, karena Mie Koba hanya bisa kita temukan di Provinsi Bangka Belitung alias Babel. Memang apa istimewanya mie yang satu ini? Rasa manis yang tipis dengan aroma gurih menyeruak begitu saya menyeruput kuahnya yang menggenangi mie kuning kenyal dan tauge rebus dengan taburan seledri dan bawang goreng. Untuk temannya disediakan telur rebus yang terasa memperkuat hidangan ini. Jangan lupa tambah sedikit kucuran jeruk kunci yang sudah disediakan untuk menambah sedikit rasa asam yang segar buat Mie Koba ini. Penasaran atas bahan dasar kuah Mie Koba yang memiliki cita rasa yang unik ini, usai bersantap saya coba tanyakan apa bahan dasar yang digunakan untuk membuat kuah ini. Ternyata rahasia rasa gurih dari Mie Koba berasal dari ikan tenggiri yang menjadi bahan dasar pembuatannya. Wow, terus terang saya tidak menyangka ini berasal dari ikan karena rasanya hampir tidak kentara. Acungan jempol layak diberikan untuk Kuliner Babel yang satu ini.

Saya mengunjungi Pangkal Pinang sendiri di pertengahan tahun 2014 lalu. Koba adalah nama kecamatan yang merupakan ibu kota Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, tempat asal kuliner yang satu ini berasal. Tapi untuk menikmati Mie Koba ini tidak perlu lagi jauh-jauh kesana, cukup di Pangkal Pinang, ibukota provinsi Babel ini, kita bisa menemukan kedai Mie Koba yang dirintis oleh Pak Iskandar. Ketika saya berkunjung ke sana sekitar pukul 8 malam, kedai yang buka dari pagi hingga pukul sepuluh malam ini masih terlihat dikunjungi oleh banyak pelanggannya. Memang paduan rasa manis, gurih dan rasa segar dari kucuran jeruk kunci menjadi magnet bagi para pengunjung yang hadir di sini. Apalagi kita tidak bisa menemukan Mie Koba di luar kedua kota ini. Penasaran? Jadikan Mie Koba sebagai tujuan kuliner Anda jika berkunjung ke kota Pangkal Pinang

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. Mi Koba asalnya bukan dari Kota Pangkalpinang, namun dari Kabupaten Bangka Tengah yang beribukota di Koba. Kalau di Pangkalpinang ada kuliner di Jl. Jend. Sudirman di depan toko busana Barata, yaitu Pempek 10 Ulu.

    ReplyDelete