Monday, December 8, 2014

Kuliner Jakarta - Bakso Kumis Blok S


Wisata Kuliner Indonesia #347
Kuliner Jakarta
Bakso Kumis Lapangan Blok S
Jl. Birah III, Blok S - Jakarta


Siapa sih orang Indonesia yang tidak suka Baso? Dan kota mana di Indonesia yang tidak memiliki penjaja baso? Daging bulat ini memang sudah menjadi kuliner khas Indonesia yang mungkin memiliki penggemar paling banyak. Di setiap kota bisa kita temui beberapa penjual bakso yang memiliki pelanggan setia. Tidak terkecuali di Jakarta. Salah satu penjual bakso yang memiliki banyak pelanggan setia adalah Bakso Kumis - Lapangan Blok S. Ya di jejeran tenda kuliner di samping lapangan blok S ini Bakso Kumis memiliki magnet yang kuat, sehingga terlihat lebih ramai dibanding gerobak-gerobak lainnya yang berjejer di sana. Di sini juga cara penyajian baksonya berbeda. Pertama kita harus meracik bumbu yang ada sendiri; bawang goreng, bawang daun, saus, sambal, garam, kecap dan sebagainya kita masukkan ke dalam mangkok kosong sesuai selera. Selesai kita isi, mangkok tersebut serahkan ke "petugas" yang sigap mengisi mangkok kita dengan baso berukuran jumbo. Ada dua pilihan bakso yang tersedia: baso halus dan baso urat. Bakso halusnya lembut sedangkan bakso uratnya memberikan sensasi tersendiri ketika kita mengigit urat-urat yang ada. Kaldunya juga juara, segar... Sehingga kadang saya memilih polosan (bening) untuk menikmatinya, tanpa saus dan kecap. Harga satu butir bakso ini Rp. 8000. Makan dua saja dijamin kenyang... Oh ya, tidak seperti di tempat bakso lain, Bakso Blok S ini tidak menyajikan mie atau bihun, jadi benar0benar kita kesini untuk menikmati basonya.

"Bakso Kumis - Lapangan Blok S. Sejak tahun 1970", begitu tulisan yang tertulis di neon box di tempat ini. Membaca artikel dari Okezone.com, katanya memang Bakso Kumis ini sudah mulai dijajakan sejak tahun 1970, tapi dulu masih make gerobak keliling. Baru pindah ke Lapangan Blok S ini di tahun 1987, dan menjadi pionir pusat jajanan di tempat ini. Saat ini Bakso Kumis dikelola oleh generasi keduanya. Jadi jangan ngaku penggemar bakso kalo belum mencicipi Bakso Kumis Blok S ini :)

Alamat / Peta Lokasi Bakso Kumis Blok S:


Kuliner lain di kota ini:



12 comments:

  1. baksonya maknyus, sudah saya cicipin..
    mantep pokoknya

    ReplyDelete
  2. Mau dapet LCD TV GRATIS? Yuk ikutan survey @ceritaperut berikut ini » http://bit.ly/1vqBmJY #Kuliner #OnlineSurvey

    ReplyDelete
  3. waah belum nyobain nih,kayaknya enak :)

    ReplyDelete
  4. Kalo menurut gw kok rasa nya dah menurun yaaa, 10 tahun yg lalu rajin makan disini dan sekarang dah males hehehe. Aku lebih cinta mati ama bakso pasar baru jakpus

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 tahun lalu orang masih rajin belajar, di situ malah rajin makan bakso -_-

      Delete
  5. Nanti kalau main ke Blok S bisa di coba nih mampir di bakso Kumis ini. Makasih infonya ya Mas.

    ReplyDelete
  6. Kalo menurut gw kok rasa nya dah menurun yaaa, 10 tahun yg lalu rajin makan disini dan sekarang dah males hehehe. Aku lebih cinta mati ama bakso pasar baru jakpus

    Read more: http://www.banyumurti.net/2014/12/kuliner-jakarta-bakso-kumis-blok-s.html#ixzz3URsvnvuu

    ReplyDelete
  7. saya suka nongkrong di blok s, tapi lom pernah mampir ke tempat ini sih. nanti deh tak coba. hahah

    ReplyDelete