Wednesday, December 3, 2014

Kuliner Bali - Ayam Betutu Khas Gilimanuk


Wisata Kuliner Indonesia #343
Kuliner Bali
Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Jl. Raya Tuban No. 2X, Tuban - Kuta
Tlp. 0361 - 757535


Cita rasa pedas dengan aneka rempah khas Bali menyeruak di dalam mulut begitu saya memasukkan potongan pertama dari kuliner yang satu ini: Ayam Betutu. Pada sebuah kunjungan singkat saya ke Bali bulan November lalu, saya menyempatkan diri untuk mengisi perut sejenak di rumah makan yang menyediakan kuliner khas Bali yaitu Ayam Betutu Khas Gilimanuk di kawasan Tuban. Satu ekor Ayam Betutu Kuah yang cukup untuk 2-3 orang tersaji di meja tak begitu lama setelah dipesan. Kuah dengan aroma khas Bali dengan rasa pedas yang menggigit memang merangsang syaraf-syaraf di rongga mulut kita untuk menikmati potongan daging ayam yang empuk. Proses memasak ayam betutu katanya memang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan daging ayam yang empuk dan bumbu yang meresap. Satu ekor ayam betutu ini bisa kita nikmati dengan hargaa Rp 80.0000,-, sudah lengkap dengan plecing kangkung, kacang goreng dan sambal matah.

Plecing Kangkung memang terkenal di kawasan Mataram (Lombok) dan juga di Bali ini. Kangkung rebus yang diberi "topping" sambal segar ini memang menjadi pelengkap yang menjadi tandem sempurna bagi sajian utamanya. Kangkung yang segar memang jadi kunci buat kenikmatan plecing kangkung. Masih kurang pedas? Tersedia juga sambal matah alias sambal bawang khas bali. Aroma bawang yang kuat menjadi daya tarik dari jenis sambal yang satu ini.

Di RM Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini ayam betutu tentulah menjadi menu pilihan utama, akan tetapi tidak hanya itu, kita pun bisa menikmati aneka masakan khas bali lainnya seperti lawar dan sate lilit, yang semuanya berbahan dasar ayam. Saat ini Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk dapat ditemukan di beberapa sudut kota Denpasar, Tuban dan Tabanan. Bahkan bisa juga kita temui di Jakarta dan Bandung. Buat yang tidak terlalu suka pedas, mungkin ayam betutu ini tidak terlalu menarik. Tapi bagi penggemar pedas, ayam betutu khas gilimanuk ini bakal ngangenin.... Percaya deh...

Alamat / Peta Lokasi Ayam Betutu Khas Gilimanuk:


Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment