Monday, September 22, 2014

Kuliner Malang - Pos Ketan Legenda 1967


Wisata Kuliner Indonesia #333
Kuliner Batu (Malang)
Pos Ketan Legenda - 1967
Sebelah barat Alun-alun Kota Batu (Jl. KH Agus Salim, Junrejo)
Batu


Ke Malang katanya masih kurang kalau tidak sekalian berkunjung ke tetangganya, Kota Batu. Dan kalau ke Kota Batu belum sah jika belum mencicipi sajian ketan di Pos Ketan Legenda - 1967. Ya, Pos Ketan ini sudah menjadi ikon kuliiner di kota wisata yang sejuk ini. Ketan dengan aneka topping menjadi sajian di kedai ini, tidak kurang dari 12 varian yang dihadirkan dalam daftar menu. Yang pertama saya coba pilih Ketan Ayam Pedas. Ketan dengan taburan kelapa yang kemudian ditutupi dengan racikan suwiran daging ayam dengan sedikit sentuhan rasa pedas. Buat yang gak terlalu suka manis, menu yang satu ini direkomendasikan Paduan gurihnya ketan dan kelapa dapat berbaur dengan rasa pedas dari ayamnya. Harganya? Cukup 5ribu rupiah saja.

Untuk yang unik, silakan coba Ketan Campur. Ada ketan dengan kelapa parut yang diguyur gula merah cair. Tapi tidak hanya itu, bubuk kedelai menjadi pelengkap berikutnya. Asik kan? Harganya pun terjangkau, hanya 4 ribu saja.

Teman saya ada yang pesan Ketan Susu Keju. Saya langsung terbayang rasa manis dari susu kental yang bisa bikin enek kalau terlalu banyak. Tapi dugaan saya keliru, gurihnya ketan bisa meredam rasa manis dari susu. Dan topping parutan keju pun semakin menyemarakkan rasa dari menu yang satu ini. Cukup keluarkan uang enam ribu rupiah untuk menyantap menu yang satu ini.

Konon menu yang paling banyak diburu adalah Ketan Durian; ketan dengan topping durian, susu dann vla durian. Harganya juga paling mahal, Rp. 10.000,-. Sayangnya ketika saya kesana menu andalan ini sudah habis. Padahal jam pada saat itu belum genap menunjukkan pukul 9 malam, dan kedai ini buka sampai pukul 3 dini hari, mulai dari pukul 4 sore. Kayaknya kurang awal saya datang ke kedai ini. Oh ya, untuk sajian minumnya juga beraneka ragam, saya pilih Jahe Susu buat melawan dinginnya udara malam di Kota Batu ini.


Pos Ketan Legenda - 1967 tampak mencolok dibanding kedai-kedai lainnya di kawasan Alun-alun Kota Batu ini, ukan karena lebih besar, tapi karena ramainya pengunjung yang memadati kedai yang kecil ini. Di halaman depan dipasang bangku-bangku untuk menamung para pengunjung, bahkan setelah lewat jam 10 malam, maka di seberang kedai pos ketan ini akan ditambahkan bangku-bangku dan tikar untuk lesehan. Kebayang kan ramenya? Makanya jika berwisata ke Malang dan Batu, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pos Ketan Legenda -1967.

Lokasi Pos Ketan Legenda 1967 - Batu:



Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. Ketan disini memang legit dan gurih. Sayang gak kebagian ketan durennya. Harusnya kalau ke Batu coba juga Sate Kelinci.

    ReplyDelete
  2. Harga makanannya sangat terjangkau murah.. jd pngn kesana

    ReplyDelete
  3. Sedihhhh.... malas atri... jd ga ngerasaon dechhhh

    ReplyDelete