Kuliner Purwokerto - Soto Ayam Jalan Bank


Wisata Kuliner Indonesia #330
Kuliner Purwokerto
Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso
Jl. RA Wiriatmaja 14/15, Purwokerto
Telp : 0281 – 639353


Melihat tampilannya, kayaknya ini adalah soto yang paling berantakan yang pernah saya temukan. Potongan daging ayam kampung, bawang daun, kerupuk aneka warna dan bawang goreng menutupi kuah yang berisi ketupat, tauge dan soun. Tapi kesan berantakan langsung buyar begitu menyeruput kuah dari soto ini, rasanya justru rapih dan menggoda. Gurihnya kuah soto ini memang terasa segar, berpadu cantik dengan aneka bahan yang ada di dalam mangkok. Yang bikin beda juga adalah sambalnya, yang bukan sambal biasa tapi sambal kacang. Silakan bubuhkan sambal kacang kedalam mangkok soto ini sebelum disantap, rasa pedas yang tidak terlalu menohok dengan tekstur rasa kacang membuat sajian ini lebih kaya. Ya itulah kesan yang saya dapatkan ketika menikmati sajian Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso di Purwokerto, Jawa Tengah, yang merupakan salah satu destinasi kuliner di Banyumas.

Jangan lupa untuk mencicipi Es Kopyor untuk minumnya. Daging kelapa kopyor yang disajikan dalam sirup merah ini menjadi sajian minuman yang paling laris di kedai ini. Tekstur kopyor yang lembut memang jadi pemikat untuk hidangan pencuci mulut ini.

Tidak sulit menemukan Kedai Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso ini, letaknya tidak jau di ujung jalan masuk Jl. RA Wiriatmaja. Ada beberapa penjaja soto ayam di ruas jalan ini. Soto Ayam Haji Loso ini yang memang terkenal dengan soto jalan bank, letaknya pun ada dua dan berseberangan. Saya menikmati soto ini sebagai menu makan malam, karena kedainya sendiri buka dari pukul 10 pagi sampai 9 malam, Kalau ingin mencicipi gagrak soto khas banyumas yang berbeda dengan soto di kota lain silakan kunjungi Soto Jalan Bank ini.


Comments

Post a Comment