Monday, June 16, 2014

Kuliner Pekalongan - Garang Asem H. Masduki


Wisata Kuliner Indonesia #323
Garang Asem H. Masduki
Kompleks Travel Alun - Alun Kota Pekalongan
Telp: 0285 4412100


Biasanya orang memilih makanan yang light untuk sarapan. Tapi tidak untuk sarapan saya kali ini di Pekalongan. Garang Asem H. Masduki menjadi menu sarapan yang berbobot. Potongan daging sapi lengkap dengan lemaknya, ditemani telur rebus pindang ada di dalam kuah garang asem yang memadukan rasa asem, manis dan sedikit pedas. Potongan tomat dan cabe rawit tampak di dalam kuah, menambah "warna" kesegeran sajian ini. Daging sapinya juga bener-bener empuk, menjadi bukti proses memasak yang paripurna. Tidak heran jika Garang Asem H. Masduki ini menjadi salah satu ikon kuliner kota Pekalongan. Untuk menikmati satu porsi nasi garang asem ini kita harus mengeluarkan uang Rp. 18.000,-. Tambahkan 4000 jika ingin ditambah dengan telor pindangnya.

Untuk menambah ke-"khas"-an dari kuliner Pekalongan ini, cobalah jangan memesan nasi putih biasa, tapi Nasi Megono. Nasi putih yang ditemani Megono yang terbuat dari bahan dasar nangka muda atau gori yang dicincang kasar dan dicampur dengan parutan kelapa seperti urap. Sedikit rasa pedas dan kencur menyeruak dari megono yang paling cocok disantap bersama nasi panas dan garang asem ini.

Garang Asem H. Masduki bisa ditemukan di sebuah kedai sederhana seperti warung tegal di kawasan Alun-Alun Kota Pekalongan. Akan tetapi, berdasarkan info dari halaman Facebooknya, saat ini Garang Asem H. Masduki juga hadir dengan di Jl. Jend Sudirman 169 dengan konsep ala resto bersuasana tempo dulu. Di cabang ini memiliki beragam fasilitas: hot spot area, mushola, toilet dan gazebo/lesehan. Jadi silakan pilih mau suasana ndeso atau suasana resto, yang jelas sajian garang asemnya pasti akan memuaskan Anda :)

Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. mantap bener, boleh nih dijadikan tujuan kalo pas ke pekalongan. thanks infonya. salam kenal dari jasa catering jakarta

    ReplyDelete
  2. Uuueeennakk ni kang... kalo lewat pengen mampir dah ... Mampir sini juga ya kang , tulis/review restoran bisa tambah uang jajan http://poin-web.co.id/start/abra

    ReplyDelete
  3. Wah mantap nih, sampe ngiler bacanya.
    mampir balik ke blog travellpreneur saya jg ya mas.

    ReplyDelete