Kuliner Sukabumi - Mochi, Oleh-Oleh Khas Sukabumi

Wisata Kuliner Indonesia #312
Mochi Kaswari "LAMPION"
Jl. Bhayangkara - Gg Kaswari II No. 9 dan 19
Sukabumi
Telp: 0266 266534

Tidak sah kalo jalan-jalan ke Sukabumi tanpa membawa pulang mochi. Ya, kudapan yang satu ini memang menjadi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke kota ini. Banyak penjaja kue mochi di kota ini, tapi ada satu yang kondang dan konon merupakan pelopor kuliner khas Sukabumi ini: Mochi Kaswari "LAMPION". Di sebuah gang di Jl Bhayangkara, terdapat sebuah bangunan baru yang cukup mencolok yang merupakan outlet penjualan mochi yang lebih sering disebut dengan Mochi Lampion ini. Aneka rasa mochi tersaji disini: suji pandan, vanila, durian, pisang ambon, blueberry, melon, mocca, coklat, keju dan strawberry. Semuanya berisi kacang tanah manis, yang membedakan adalah rasa di "daging"-nya. Kenyal, lembut dan manisnya terasa begitu seksi di mulut kita, mungkin inilah yang membedakan Mochi Lampion ini dengan mochi lainnya, adonannya passss... Dikemas dalam kotak berisi sepuluh butir mochi, dan diikat setiap lima kotak, Mochi Lampion dijual seharga Rp. 30.000/ikat atau Rp. 6.000/kotak. Dan kita boleh memadukan rasa yang ada biar gak penasaran. Sayangnya mochi ini memang tidak terlalu tahan lama, disarankan untuk dihabiskan dalam waktu empat hari saja, bahkan untuk beberapa varian seperti durian dan keju hanya tahan dua hari. Bisa dimasukkan ke kulkas sih, tapi tentunya akan menghilangkan kekenyalan yang menjadi ciri khas penganan ini.

Berdasar informasi yang didapat dari brosur yang tersedia di outlet Mochi Kaswari "Lampion", usaha ini didirikan sejak tahun 1983 oleh Bapak Kuswandi dan sekarang sudah dikelola oleh generasi keduanya dan tidak membuka cabang di tempat lain. Akan tetapi sejak tanggal 12 Februari 204, telah dibuka Galeri Mochi Kaswari Lampion yang berada di mulut gang kaswari II, tidak jauh dari jalan raya bhayangkara. Ini tentunya memudahkan konsumen yang tidak perlu masuk sampai ke dalam gang untuk membeli mochi lampion di pabriknya. Sekitar 2000 keranjang diproduksi setiap harinya, dan jumlah ini dapat meningkat dua kali lipat di saat hari libur atau akhir pekan. Memang kuliner Sukabumi saat ini tidak bisa dipisahkan dengan kehadiran Mochi.

Comments

  1. Mantaaaaap mocinya jd pengeen ke Sukabumi lagi

    ReplyDelete
  2. Hihihii, knapa aku gak kebagian mochinyaa kmrn om,,, terlalu! ? :p

    ReplyDelete
  3. Aku sering nya beli mochi di mall ambasador. Yg kacang ijo juara banget ;-)

    ReplyDelete
  4. jadi pengen ke sukabumi :)

    http://www.dhefren.com/2014/02/kuliner-balikpapan-torani-seafood.html

    ReplyDelete
  5. Klo di Semarang di daerah Gang Baru ada mochi yg segede telur ayam hihiii... banyak juga di sini yg jual mochi bersalut wijen, tapi saya kurang suka :)

    ReplyDelete
  6. itu bisa dipesen online ngga kak? :)

    ReplyDelete
  7. kak,, bisa dipesen lewat online gak kak???

    ReplyDelete
  8. pengen kesana , kapan ya ?
    mocinyya menggiurkan
    http://nahlafashion.com/

    ReplyDelete
  9. Sayang dulu beli moci nya diterminal pdhl pensaran bgd ke sentra moci nya

    ReplyDelete

Post a Comment