Saturday, November 23, 2013

Kuliner Jogja - Pecel Pasar Beringharjo


Wisata Kuliner Indonesia #299
Pecel Pasar Beringharjo
Jl Malioboro
Yogyakarta


Jalan-jalan di Jogja kurang lengkap rasanya kalo gak mampir ke Pasar Beringharjo. Di bagian depan di dalam Pasar Tradisional ini akan kita temukan puluhan bahkan ratusan kios-kios yang menjajakan aneka batik dalam segala bentuknya: kain, kemeja, daster, kaos dan sebagainya. Tapi saat ini saya ke Beringharjo untuk tujuan lain: berburu sarapan. Ya, sudah lama saya kepengen mencicipi salah satu sarapan tradisional yang banyak dijajakan di pelataran depan pasar beringharjo yang menghadap Jl. Malioboro. Saya pilih satu penjual yang ada di sudut pasar. Potongan sayur segar dituang di atas nasi dengan piring yang sudah dialasi dengan daun pisang, kemudian diguyur dengan bumbu kacang khas dengan sentuhan rasa manis dan cubitan pedas yang menggigit. Supaya tambah manteb silakan comot aneka lauk yang juga tersaji di depan kita, ada tempe dan tahu bacem, ayam goreng, burung dara, burung puyuh, buntil, telur puyuh, ati ampela dan sebagainya. Pilihan saya sebagai teman pecel ini adalah sepotong burung puyuh nan mungil tapi memberikan rasa maksimal. Kalo gak inget kapasitas perut sebenernya pengen juga semua lauknya. Benar-benar merangsang indera pengecap...

Kalo datang pagi (jam 7an), orang belum terlalu banyak dan penjual juga belum bejubel sehingga saya bisa menikmati hidangan yang tersaji dengan tenang. Setelah perut kenyang tentunya kita juga akan lebih tenang berbelanja di dalam pasar. Apalagi kalo belanjanya masih pagi ketika para penjual batik baru menggelar dagangannya, biasanya dikasih murah loh... Buat penglaris katanya :) Jadi kalau ke Jogja jangan lupa untuk menaruh Pasar Beringharjo dalam jadwal anda. Wisata kuliner, wisata belanja dan wisata seni ada dalam satu tempat. Yuk....


Mau tau tempat makan lainnya di Yogyakarta? Tengok ini yuk: Kuliner Jogja

Kuliner lain di kota ini:



10 comments:

  1. Hmm malah jadi pengen kesana... Bulan lalu sempat ke jogja tapi sayangnya ga nyicipi nih.. Diburu waktu jadi cuma naik becak keliling aja deh

    ReplyDelete
  2. Kalau ke Beringharjo memang menggiurkan makanannya. Kalau saya lebih suka membeli burung puyuh/burung dara goreng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat! Sama, saya juga nyambernya burung puyuh...

      Delete
  3. biasane nang pasar beringharjo lantai duwur ana gado2 seng uenak... jebol pasar beringharjo akeh kulineere.. cen top jogja

    ReplyDelete
  4. Iya, gado-gado Bu Hadi. Mau saya tulis coretannya tapi lupa terus...

    ReplyDelete
  5. Numpang Iklan Boss wisata kuliner
    Ingkung Deso " Mbah Demang "
    dan Sayur Onthel Gedang/Bunga Pisang
    Alamat : Bergan Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta (Selatan LP Pajangan)

    ReplyDelete
  6. Kuliner Jogja emang selalu ngangenin...
    Oh iya kalau ke Jogja jangan lupa menyaksikan sendratari Ramayana Ballet di Purawisata...:-)

    ReplyDelete
  7. Maknyuss.....Adooh jadi ngiler.... baca cerita dan gambarnya itu loh boss.Ya sekarang buat mie dulu boss,sebagai obatnya.hehe

    ReplyDelete
  8. banyak menu kuliner yang harus di cobain di jogja... maknyusss....

    ReplyDelete