Friday, May 10, 2013

Kuliner Solo - Selat Mbak Lies



Wisata Kuliner Indonesia #276
Kuliner Solo
Warung Selat Mbak Lies

Jl. Serengan 42
Telp: 0271-653332
Solo


Selat Solo, ini adalah kuliner Solo yang menjadi buruan saya ketika mengunjungi kota budaya di Jawa Tengah ini. Salah satu kedai yang menjajakan kuliner ini dan cukup legendaris adalah Warung Selat Mbak Lies. Mari kita coba menu andalannya: Selat Bestik. Irisan daging sapi yang empuk tapi mungil bertengger di atas telur pindang, kentang goreng, dengan sayuran: wortel, tomat, buncis dan selada ditemani dengan ceriping kentang (kentang tipis digoreng garing), acar timun, irisan bawang merah dan yang spesial "mayonaise jawa". Kenapa spesial? Karena Mayonaise ini tidak bisa ditemui di hidangan lain, khusus untuk Selat Solo. Rasanya yang sedikit asam dan manis, berpadu cantik dengan kuah selat solo yang manis (seperti kuah semur), memberikan kesegaran yang unik dan bikin kecanduan. Satu porsi Selat Solo Bestik ini harganya 10ribu aja.

Tapi karena porsinya cukup mungil (buat saya), akhirnya satu porsi Selat Solo Lidah hadir menjadi hidangan kedua di meja saya. Serupa dengan Selat Bestik, tetapi irisan daging sapinya diganti dengan lidah sapi yang tak kalah empuknya, gak perlu digigit :) Sedikit lebih mahal harga satu porsi Selat Lidah ini Rp. 13.000,-

Buat minumnya, Es Degan jadi pilihan paling tepat. Ada tiga pilihan pemanis yang dapat digunakan: Sirup, Gula Pasir dan Gula Jawa. Saya pilih Gula Jawa. Manis dan dinginnya pas di siang yang cukup panas di kota Solo ini.

Walau terletak di jalan kecil, Warung Selat Mbak Lies bisa tidak pernah sepi. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore, pelanggan silih berganti memasuki kedai yang dekorasinya sangat unik ini. Kalo dari blog si empunya Warung Selat Solo ini, tampak bahwa banyak selebritis yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati hidangan Selat Solonya yang bikin kangen, penasaran?


Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Solo? Silakan lihat disini --> Wisata Kuliner Solo

Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. Enaaak bangeet, apalagi es beras kencurnya!!
    Kalo ke pulkam ke solo menu wajib...
    Di surabaya kaga adaaa...

    ReplyDelete
  2. di blog saya ada menu kuliner yg enak brow....

    ReplyDelete