Friday, May 10, 2013

Kuliner Solo - Sate Buntel Tambak Segaran


Wisata Kuliner Indonesia #277
Kuliner Solo
Sate Buntel Tambak Segaran

Jl. Tambaksegaran 39 (Jl. Sutan Syahrir 149)
Telp: 0852 93418580
Solo


Sate Buntel, sate dibuntel? Kayak gimana? Itulah pertanyaan yang muncul di kepala saya ketika diajak Mas Hendri, blogger dari kota Solo, untuk bersantap malam kuliner Solo yang unik ini di Sate Buntel Tambak Segaran. Dua porsi sate buntel pesanan kami langsung hadir di meja kami. Tidak seperti sate yang biasanya potongan daging yang ditusuk, sate buntel ini disajikan tidak dengan tusuknya. Sate unik ini tidak dari potongan daging, tapi daging kambing yang dicincang, kemudian dibuntel (dibalut) lemak tipis yang melumer saat dibakar. Disajikan dengan bumbu kecap yang dahsyat, tidak seperti bumbu kecap lainnya, bumbu kecap untuk sate buntel ini terasa kaya rempah dengan rasa yang tidak sederhana, ditambah acar sebagai pelengkap. Rasa legit dari bumbu kecap yang meresap sampai kedalam daging memang patoet dipoedjiken, salah satu sajian sate terenak yang pernah saya coba. Mungkin karena saya penggemar manis yah? Apalagi dengan tidak perlunya usaha keras untuk menyantapnya karena dagingnya empuk dan sudah dilepaskan dari tusuknya. Harga satu porsi besar sate buntel ini Rp. 35.000,-

Ini nih tampilan sate buntel sebelum dibakar, terlihat lemak putih yang membalut daging kambing cincang didalamnya. Kemudian dibakar dengan dilumuri bumbu khusus, tampaknya lumeran lemak dan bumbu tersebut yang menjadi kunci kelezatan kuliner solo yang satu ini.

Tidak sulit menemukan Sate Buntel Tambak Segaran, letaknya di jalan besar dan bakarannya ada di depan sehingga aroma satenya dengan mudah menyeruak :) Tapi jangan salah masuk yah, di samping sate buntel ini terdapat kedai sate babi yang tentu berbahaya buat yang muslim hehehe. Buka dari jam 10 sampai jam 11 malam, bagi penggemar sate, dan terutama yang juga penggemar aroma manis, Sate Buntel ini harus menjadi destinasi wajib jika berburu kuliner Solo.

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Solo? Silakan lihat disini --> Wisata Kuliner Solo

Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. nyesel kemaren ga baca postingan ini .... ughh

    apa perlu besok ke solo lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, padahal udah saya twit berkali-kali loh....

      Delete
  2. wah makan terus , dan referensinya banyak heheh mantap om...salam kenal dari solo

    ReplyDelete