Friday, September 14, 2012

Kuliner Anambas - Kedai Kopi "MURAI"


Wisata Kuliner Indonesia #244
Kedai Kopi "MURAI"
Jl. Hang Ttuah, Tarempa - Anambas

Budaya ngopi, khususnya di pagi hari, memang sudah menjadi bagian hidup dari sebagian masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat dengan budaya Melayu yang kuat seperti di kawasan Sumatera. Di Anambas sendiri banyak sekali kedai kopi yang dipenuhi pelanggannya di pagi hari, salah satunya Kedai Kopi "Murai". Segelas kopi susu saya pesan begitu, si encik penjaga kedai menanyakan pesanan saya. Kopi kental yang disaring dengan gaya khas "ditarik" sangat kuat aromanya, akan tetapi tanpa ampas. Ditambah dengan susu kental manis dengan takaran pas, ngopi di kedai ini memang bisa memberikan semangat dan energi untuk memulai hari.

Selain kopi dan teh, aneka penganan seperti nasi lemak, roti, bolu dan aneka kudapan lainnya yang menjadi alternatif pengunjung untuk sarapan pagi. Sayang saya tidak sempat menanyakan dan mencicipi aneka kudapan yang tampak menarik ini. Oh ya, kita juga bisa memesan Mie Bangka yang aduhai dari seberang kedai kopi Murai ini. Pas juga untuk sarapan.

Menuju Tarempa ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas, yang berada di Pulau Siantan ini sendiri butuh perjuangan yang lumayan. Ada pesawat yang terbang dari Tanjung Pinang 4 kali seminggu, dengan waktu tempuh menuju Pulau Matak sekitar 60 menit, sesudah itu masih harus dilanjut dengan speed boat ke Tarempa selama 30-40 menit. Atau bisa juga naek ferry langsung dari Tanjung Pinang dengan waktu tempuh sekitar 10 jam! Tapi kita akan mendapatkan aura yang berbeda begitu menginjakkan kaki ke pulau ini. Kalo gak percaya, buktikan sendiri :)

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. wah kaya di pontianak nec santae minum kopi

    terima kasih ìno nya

    ReplyDelete