Sunday, August 26, 2012

Kuliner Surabaya - Kepiting Cak Gundul


Wisata Kuliner Indonesia #240
Kepiting Cak Gundul 1992
Jl. Raya Kupang (Surabaya Barat)
Telp.: 031 - 7327554


Sebagai penggemar kepiting, sangat beruntung ketika berkunjung ke Surabaya saya sempat diantar untuk mencicipi Kepiting Cak Gundul di kawasan Surabaya Barat. Kenapa saya merasa beruntung? Karena indera pengecap saya begitu dimanjakan dengan aneka pilihan bumbu yang digunakan untuk mengolah binatang yang memiliki capit ini. Yang begitu mengejutkan saya adalah rasa yang diberikan oleh Kepiting Bumbu Kare. Wujudnya tidak begitu cantik, sehingga ekspektasi saya akan rasanya tidak terlalu tinggi. Tapi begitu lidah mengecap kuah kari yang menempel di daging dan cangkang kepitingnya, beuhhh, langsung gak bisa berenti. Kuahnya seger bangeett, dengan santan yang tidak terlalu kental, dan bumbu kari yang gurih dengan sedikit semburat rasa manis dan sedikit pedas yang menggigit. Juara banget dah... Walau kepitingnya sudah habis, kayaknya sayang deh buat ngebuang kuah yang tersisa.

Kepiting Asam Manis memang standar, tapi Kepiting Asam Manisnya Cak Gundul ini menaikkan batas standar itu. Saus asam manis yang disajikan emang enak bangedz, tak henti menuangkannya ke nasi sebagai bumbu, maupun menghisapnya dari celah-celah kaki kepiting ini. Sluruuuppp...

Buat "cemilan", Kerang Rebus  juga layak untuk dipesan. Harganya Rp. 13.000 per porsi dengan porsi yang cukup besar. Ditemani sambal khas sea food yang segar, makan kerang ini malah jadi kenyang sendiri :)

Kepiting Cak Gundul ini berpusat di Pandaan-Pasuruan (KM 48 Surabaya-malang) tapi saya menikmatinya di salah satu sudut kota Surabaya, tepatnya di Jl Raya Kupang, Surabaya Barat. Tadinya saya mau ke RM Ibu Rudi yang terkenal dengan sambalnya yang pedas itu, yang berlokasi di satu ruas jalan dengan Cak Gundul ini, tapi karena tutup malah mampir ke sini dan tampaknya bakal ketagihan nih. Selain di Surabaya, Kepiting Cak Gundul ini juga telah membuka cabang di Jakarta (Kelapa Gading), Semarang (Jl Sudirman) dan Yogyakarta (Sleman).

Oh iya, mengenai harga, ini tergantung dari ukuran dan jenis kepiting yang kita pilih, bukan dari bumbu yang digunakan. Harganya mulai Rp. 14.000 - 18.500 per onsnya. Satu kepiting berkisar sekitar 2ons sampe 1 kg. Saran saya pilih yang tidak terlalu besar, sehingga tidak terlalu mahal, tapi dengan pilihan bumbu yang berbeda. Soalnya sampe sekarang saya masih ngiler dan terbayang-bayang sama kepiting bumbu mentega di meja sebelah yang juga berbumbu lada hitam sehingga tampak menggoda selera :(

Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. wah, mantap kepitingnya... harganyapun g terlalu mahal.... mantap...

    ReplyDelete
  2. Bumbunya emang maknyossss.....

    ReplyDelete
  3. Temen berkali - kali ngajakin kesini tapi belum jadi. Sepertinya masuk daftar bulan depan nih
    :D

    ReplyDelete