Monday, January 30, 2012

Kuliner Manado - Mie Cakalang di Wakeke


Wisata Kuliner Indonesia #197
Dego Dego Manado Cafe
Jl Wakeke No 11 Manado
Telp 0431 874824


Nah, kalo sarapannya pake Bubur Manado alias Tinutuan, untuk makan siangnya saya kembali ke Dego-Dego Cafe di kawasan Wakeke ini untuk mencicipi salah satu kuliner Manado lainnya: Mie Cakalang. Ada dua pilihan, Mie Goreng Cakalang atau Mie Cakalang Kuah. Kita coba yang Mie Goreng dulu ya. Hadir di hadapan saya satu piring mie goreng dengan sayur dan taburan bawang goreng. Tampaknya tidak ada yang istimewa. But waittt.. ketika suapan pertama masuk ke rongga mulut, muncul rasa khas yang jarang saya temui. Ya rasa itu muncul dari potongan ikan cakalang fufu alias cakalang asap, rasanya asin dan gurih dan... apa ya, susah diungkapkan dengan kata-kata hehehe, yang jelas enak banget. Bener-bener melengkapi rasa mie goreng yang "biasa". Harga: Rp. 13.500,-

Kalo pengen yang anget-anget bisa pilih Mie Kuah Cakalang. Seperti mie gorengnya, mie kuah ini juga sama saja dengan mie rebus yang banyak dijual di tukang nasi goreng. Keistimewaannya memang ada di cita rasa ikan cakalang yang terselip di antara timbunan mienya. Harga: Rp. 12.500,-


Saking kepincutnya saya dengan rasa ikan cakalang ini, sampai saya merasa perlu untuk menambah "daging" ikannya dengan memesan Cakalang Goreng. Sepotong besar ikan cakalang muncul dimeja bersiap menambah cita rasa dari mie-mie yang tersaji sebelumnya. Ikan cakalang ini tampaknya diasap terlebih dahulu sebelum digoreng sehingga armonanya bener-bener keluar. Harga: Rp.8.500

Ada satu lagi yang asik nih, sambil nunggu makanan utama datang, kita ngemil Pisang Goroho dulu yuk. Pisang yang digoreng tipis dan ditemani sambal sebagai penyedapnya, khas hidangan dari daerah Sulawesi Utara. Mungkin agak kerasa asing buat lidah saya sebagai orang jawa, tapi perpaduan pisang goreng dan sambal ini ternyata asik juga lohhhh. Satu porsi besar pisang goroho ini harganya Rp.10.000,-

Jadi kalo berburu kuliner di kota Manado ini, kawasan Wakeke kayaknya harus dikunjungi deh...

Kuliner lain di kota ini:



6 comments:

  1. manado...manado memang kota yang sangat penuh dengan cita rasa karna berbagai macam menu kuliner ada di kota Manado salah satunya mie cakalang wakeke ini ...
    maju terus kuliner Indonesia
    maju terus mas Bayu

    sekedar info untuk wisata kota Bandung buat temen-temen yang akan berwisata atau berpergian ke kota Bandung klik aja www.Bandungreview.com

    ReplyDelete
  2. ke mando kok ngak bilang bilang bos... negrti gitu lak tak jak makan yang aneh aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ga ngerti punya konco dsana.. mudah2an ada ksempatan lagi yah...

      Delete
  3. Tabea tamang... Saya suka postingan ini. Terima kasih-

    ReplyDelete
  4. ikan cakalang goreng nya mirip kayak terong bentuk nya hehehe.
    Lezat banget mie nya #ngiler

    ReplyDelete