Kuliner Jayapura - Mujair Rica-Rica RM Nusantara


Wisata Kuliner Indonesia #177
RM. Nusantara
Jl. Kabupaten - Jayapura


Biasanya, kuliner di Papua tidak jauh dari seafood... Tapi ketika saya berkunjung ke Jayapura untuk kesekian kalinya di bulan Oktober 2011, saya diajak ke RM Nusantara untuk menikmati sebuah tempat makan yang ramai pengunjungnya. Sajian utamanya Mujair Rica-Rica. Mujair yang dibumbu sederhana, cukup dengan garam dan jeruk, kemudian dibakar di atas arang. Disajikan dengan sambal rica super duper pedaaassss yang "dituang" di atas daging ikan tersebut... Pedesnya bener-bener gilak, dijamin keringeten deh ketika menyantap hidangan yang satu ini.

Buat yang takut pedas, minta saja sambalnya untuk dipisah. Jadi kita bisa mengukur tingkat kepedasannya dengan mengatur banyaknya cocolan sambal yang digunakan :) Dan tambahkan pula lagi cucuran jeruk nipis dan kecap manis. Mantabss... Harga satu porsi Mujair rica-rica ini memang relatif mahal, Rp. 55rb untuk satu porsinya lengkap dengan nasi hangat, lalapan dan kobokan :P

Kata yang lagi bakar ikan ini, dia bisa memasak 400 ikan mujair dalam satu hari! Wow, bukan jumlah yang sedikit tentunya. Tapi memang, prinsip saya " keramaian suatu tempat makan tidak akan menipu rasanya" hehehe... Jadi melihat ramainya RM Nusantara ini, bisa diduga kelezatan mujair rica-rica yang disajikan..

Lebih asik lagi kalo bisa mencicipi kuliner Papua yang ada di Merauke atau Wamena juga...

Comments

Post a Comment