Wednesday, October 19, 2011

Kuliner Pangkal Pinang - Otak-Otak "AMUI"


Wisata Kuliner Indonesia #168
Otak-Otak AMUI
Jl. Melintas No. 23 Pangkal Pinang - Kepulauan Bangka Belitung
Telp: 0717 422619

Coretan wisata kuliner saya sekarang mendarat di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Kota Pangkal Pinang yang merupakan ibu kota provinsi kepulauan tersebut. Pertama, saya diajaka untuk mencicipi kelezatan Otak-Otak AMUI yang udah kesohor itu. Kudapan berbahan bakar ikan tenggiri ini memang menjadi salah satu favorit saya. Otak-otak bakar yang pertama tersaji di meja saya setelah agak lama menunggu proses pembakarannya. Membuka kulit pisang yang membungkusnya, mencocolnya dengan sambal yang telah tersedia di meja, memasukannya dalam mulut, nyessssss.... Gak bisa komentar deh, langsung buka otak-otak yang kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Selain rasa ikan segar yang muncul, kekenyalan dari otak-otak Amui ini emang pas banget, ditambah dengan sambal cocolnya yang aduhai. Ada dua jenis sambal yang tersaji, yang pertama berasa sambal yang terasa manis dan asam yang kuat. Asamnya ini tampaknya dari perasan jeruk, karena banyak biji jeruk di dalam sambal yang berwarna merah ini. Sambal yang kedua, sama berwarna merah, tapi bahan dasarnya adalah kacang. Padukanlah dua jenis sambal ini untuk mendapatkan rasa sambal cocol yang mantab...


Selain otak-otak yang dibakar, harus juga dicicipi otak-otak goreng dan otak-otak rebusnya. Kalau otak-otak gorengnya ditambahkan tepung sehingga rasa ikannya tidak terlalu kuat, jadi kayak bukan makan otak-otak. Satu lagi otak-otak rebus, nah yang ini sip, natural. Rasa dan kekenyalannya maksimal topnya, saya malah cenderung lebih suka yang direbus ini daripada yang dibakar. Tapi kayaknya tidak tahan terlalu lama kalo mau dibawa pulang. Oh ya, kayaknya kalo mau beli dalam jumlah banyak mending telpon dulu deh, soalnya nunggu otak-taknya mateng cukup lama. Dan begitu mateng, langsung diserbu pembeli yang juga banyak untuk dibawa pulang. Yang jelas, kalo ke Pangkal Pinang, Otak-Otak AMUI gak boleh dilewatkan...

Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. bukan kacang Bang ... tapi tauco .. Otak-otak Bangka berbeda dengan Otak-otak di Jawa atau Makassar yang dinikmati dengan sambal kacang, di Bangka kami menikmatinya dengan 3 pilihan sambal: sambal tauco, sambal cabe, atau sambal terasi.

    ReplyDelete