Saturday, October 8, 2011

Kuliner Palembang - Pempek VICO


Wisata Kuliner Indonesia #165
Pempek VICO
Jl. Letkol Iskandar No. 541-542
Depan Palembang Indah Mall
Telp. 0711 - 316066

Ke Palembang gak makan pempek? Gak mungkin kali yah :P Di setiap sudut kota Palembang dengan mudah kita temui penjaja pempek. Nah abis makan Mie Celor 26 di siang hari, sore harinya saya meluncur untuk mencicipi kedahsyatan Pempek Palembang di salah satu tempat yang direkomendasikan banyak orang, Pempek VICO. Mudah dicari karena terletak percis di sebrang Palembang Indah Mall di Jl. Letkol Iskandar. Sekali lagi, penuhnya pengunjung Pempek Vico pada sore itu menandakan bahwa saya tidak salah tempat :) Setelah menunggu beberapa saat untuk mendapat meja, akhirnya saya pesan pempek untuk cemilan sore itu. Tidak lama, tersajilah satu piring dengan berbagai jenis pempek kecil di meja saya. Ada Pempek Telor, lenjer, adaan, keriting, pistel, tahu dan pempek kulit. Bener-bener menggoda saya untuk mencicipi semuanya. Dan emang gak kan nyeseelll... Walaupun perut terasa kenyang tapi mulut ini serasa gak bisa berhenti. Belum lagi, bumbu cukanya yang mantabs, beda dengan yang biasa kita temui di Pulau Jawa. Setiap potong pempek kecil ini harganya Rp.2500.


Pengen yang hangat2? Cobalah Tekwan atau Modelnya. Mirip dengan pempek, berbahan dasar ikan yang dibentuk bola-bola dan tambahan tahu sebagai isian untuk Model. Disajikan dalam kuah hangat kaya rempah yang segar plus bihun, bawang daun, seledri dan bawang goreng. Pokoknya seger dah...

Kalo ke Pempek Vico, saya diingatkan untuk juga mencicipi yang namanya Es Kacang Merah yang menjadi andalan tempat ini. Kacang merah manis dicampur dengan es serut yang segar dan tak lupa susu kental manis putih dan coklat. Segernya nendang deh, sekaligus bisa mengenyangkan juga loh :) Atau boleh juga nyobain Juice Kacang Merah-nya. Sama nendang n uniknya. Yang jelas sama-sama sueger dan layak dicoba.

Mau bawa pempek sebagai buah tangan? Pempek Vico juga menyediakan berbagai paket oleh-oleh yang bisa kita pesan. Mulai dari harga 100ribu (40 pempek kecil atau 20pempek kecil + 2 pempek telor besar + 1 lenjer besar) sampai 250 ribu (100 pempek kecil atau 40 pempek kecil + 4 pempek telor besar + 4 lenjer besar), silakan pilih sesuai kebutuhan :) Semuanya masih mentah, dan tinggal digoreng. Jika mau disimpan lama atau mau dibawa jauh, jangan lupa untuk meminta untuk menambahkan tepung. Tepung ini digunakan untuk melapisi pempek agar bisa lebih awet. Sebelum digoreng tepung ini nanti harus dicuci dulu.

Kuliner Palembang? Pempek pastinya :)

Kuliner lain di kota ini:



13 comments:

  1. Pempek Vico memang mantabb.. Baru nich Gan ulasannya. Penikmat wisata kuliner Indonesia patut mampir di blog ini, info wisata makan2nya lengkap.
    Untuk referensi tambahan, selain Pempek Vico, kita Pempek Lince, juga boleh dicoba nich pempeknya. Berani dijamin Rasanya Mantabb.
    Thanks Gan atas ulasan kuliner palembang. (Pempek Lince, order ke 07116006007, 085838123405 atau www.PempekLince.com)

    ReplyDelete
  2. Kalau sekali lagi kepalembang, cobain pempek di daerah 27 ilir bang. Tempatnya di perkampungan tradisional gitu. Rasanya sama enak dan lebih murah. Saya saja makan sampe kenyang cuma 9 ribu : D

    ReplyDelete
  3. Wah, perlu dicoba kayaknya bang Noe. Mudah2an kalo ada kesempatan lg ke Palembang. Thx infonya

    ReplyDelete
  4. iya ,,, jarang nih ada iklan pempek vico .. emang enak sih ...
    follow blogku juga yaaa, http://syatcha-chacha.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. yap....VICO no 1 es kacangnyo

    ReplyDelete
  6. es kacang merah vico emang muantab mas....sampe hajar 2 gelas siang itu...

    ReplyDelete
  7. suka banget sama Vico....lebih di mulut ketika di kunyah...kuah cukonya juga ga pedes,suka banget deh..cuman kurang terasa bawang putih n ebinya, ga berlimpah dibanding Candy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu yah, noted! Next time nyobain Candy deh... Thanks

      Delete
  8. artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  9. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Pempek.
    pempek adalah makanan khas palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Bumbu pempek yang berwarna hitam kecoklat-coklatan yang biasa disebut cuka atau cuko dalam bahasa palembang.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Coba saja nomor telepon yang ada di atas kakak...

      Delete
  11. Selain makanannya yang enak ,tempat wisata indonesia Palembang juga keren abis !!

    ReplyDelete