Kuliner Makassar - Coto Nusantara, Juara!

Wisata Kuliner Indonesia #154
COTO NUSANTARA
Jl. Nusantara - Makassar

Setelah di tahun 2007 saya mencicipi Coto Makassar di Jl. Gagak, sekarang Coto Nusantara menjadi salah satu tujuan kuliner saya di Makassar. Terletak di depan Pelabuhan, Waroeng Coto Nusantara ini buka dari jam 7 sampai jam 5 sore dan tidak pernah terlihat sepi pengunjungnya. Saya pesan satu coto campur, tersajilah aneka daging dan jeroan sapi seperti babat, lidah, ati dlsb, dalam kuah khas Coto Makassar yang kaya rempah. Tambah sedikit garam, jeruk nipis dan kecap, PERFECT! Makannya pake kupat kecil yang sudah dibelah tengahnya, jadi kita tinggal nyendok aja dan celupin aja ke cotonya. Sluuruuupp... Kenikmatan satu mangkok Coto Nusantara ini cukup ditebus dengan uang Rp. 12.000,- dan ketupatnya seribu aja perbuahnya. Jadi buat makan kali ini, saya cukup mengeluarkan uang 14ribu, untuk satu mangkok coto makassar dan dua buah kupat.

Coto Nusantara ini memang banyak sekali dikunjungi baik oleh para warga Makassar maupun para wisatawan yang berkunjung ke ibu kota Sulawesi Selatan ini. Tak kurang gubernur, menteri dan para pesohor  kerap mengunjungi warung yang sederhana ini. Saya sendiri tadinya akan mengunjunginya pas mau makan siang, tapi batal gara2 tempatnya sangat penuh plus kedatangan Gubernur Sulawesi Selatan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo beserta Menko Kesra, HR Agung Laksono. Baru besok paginya saya berjalan kaki dari Hotel tempat saya menginap (Makassar Golden Hotel) ke Coto Nusantara. Jaraknya sekitar 2 KM, lumayan sekaligus olah raga, sekaligus sedikit mengobati rasa bersalah akibat timbunan kolestrol yang dihadirkan oleh Coto ini hehehe.
Jadi kalo ke Makassar jangan lewatkan berwisata kuliner ke Coto Nusantara... Juara!

Comments

1. makanan berkolesterol memang selalu enaaaaak :-D.
    senang baca blognya mas, sebagai penghobi makan jadi bekal buat jalan2.
    kalo bisa alamatnya dilengkapi koordinat GPS sekalian mas, biar ga nyasar nyarinya, hehehehe

ReplyDelete
  2. Halo saya senang sekali membaca info di sini terutama ttg kuliner makassar, Karena say a mau kesana 3 hari lagi..
    Kalo boleh tau apakah selama bulan puasa resto2 Atau tempat2 makan tsb tetap buka ya Dari Pagi, Atau hanya buka menjelang waktu berbuka.