Kuliner Semarang - Loenpia Mbak Lien


Kuliner #152
Loenpia Mbak Lien
Jl Pemuda
Telp (024) 3580734 / 7620015
Jl Pandanaran (depan Bandeng Juwana)
Telp 081 824 2086
Semarang

Satu makanan yang selalu harus-wajib-kudu saya datangi kalo ke Semarang adalah Lunpia. Gak pernah nemu lunpia Semarang di kota lain yang rasanya bener2 sama dengan aslinya di kota ini. Pulang dari Nasi Goreng Babat Pak Karmin, sekitar 500m dari jembatan Mberok masih di Jl Pemuda, ada satu gang (Gg Grajen) yg memasang spanduk Loenpia Mbak Lien di depannya. Yup, ini adalah salah satu penjaja loenpia Semarang yang cukup melegenda di kota ini. Tersedia dua jenis, Lumpia basah ataupun kering (sudah digoreng). Tapi jangan khawatir, yang basah juga udah mateng koq, sudah siap disantap. Kelebihan dari Loenpia Mbak Lien ini emang pada isinya yang lebih padat dengan rasa yang lebih legit dan nendang banget, perpaduan antara rebung segar, telur, udang dan ayam kampung. Hmmm... apalagi makannya dilengkapi dengan saus kanji yang khas, acar timun, bawang dan cabe rawit. Perfecto!


Loenpia Mbak Lien ini juga paling cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Sepotongnya bisa kita tebus dengan harga 9rb rupiah. Agak mahal memang, tapi sebanding banget dengan rasa yang diberikan. Kalo mau buat oleh-oleh mending beli yang basah aja. Loenpia Mbak Lien bisa tahan dalam dua hari, dan jika masuk kulkas bisa tahan sampe lima hari. Kalo mau dimakan tinggal dipanasin dengan cara digoreng or dikukus. Saya sih paling suka kalo dikukus. Selain di Jl Pemuda, Lumpia Mbak Lien juga dapat kita temui di kawasan oleh-oleh Semarang, di Jl Pandanaran. Percis di depan Toko Bandeng Juwana. Yuk, bawa oleh-oleh dari Semarang buat orang tercinta di rumah :)

Sejarah Lumpia Semarang bisa lihat berkasnya di Wikipedia

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Semarang? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Semarang

Comments

  1. Lumpia mbak Lien apakah sama dengan lumpia gang Lombok yang terkenal itu ?

    ReplyDelete
  2. Berbeda mbak, walaupun masih satu keturunan. Cerita lengkapnya bisa dilihat di: http://id.wikipedia.org/wiki/Lumpia_semarang

    ReplyDelete
  3. keduanya enak kok, soalnya pernah coba kedua lunpia tersebut

    ReplyDelete
  4. bisa order ke jakarta ga?...
    lagi ngidam nih.

    ReplyDelete
  5. andika budi nughoroMarch 11, 2013 at 10:47 AM

    resep apa

    ReplyDelete
  6. untuk oleh-oleh semarang, saya bisa bantu untuk mengirimkannya …
    kontak : priyo
    081805965149
    selama ini yang paling sering saya kirim adalah
    tahu baxo ibu pudji, wingko babat cap kereta api, lunpia gang lombok, bandeng presto, kue moaci gemini

    ReplyDelete
  7. Mas Priyo, kalau lunpia mbak lien bisa?

    ReplyDelete

Post a Comment