Wednesday, September 9, 2009

Kuliner 104 - Sop Kambing M. Syam, Bandung

Sop Kambing M. Syam
Jl. Banceuy - Bandung


Konon katanya, inilah tempat makan sop kambing paling enak di Bandung. Di Bandung sendiri tempat makan yang menyediakan kuliner Jakarta ini sangat banyak. Yang sering saya kunjungi ada di Jl. Buah batu (karena dekat kantor), kemudian kemarin lihat di ujung Jl. Dipati Ukur, dan yang paling banyak menumpuk ada di Kawasan Alun-Alun Bandung, tepatnya di Jl. Cikapundung dan Jl. Banceuy. Nah banyak teman saya yang merekomendasikan agar saya mengunjungi M. Syam yang ada di Jl. Banceuy, jadi meluncurlah saya kesana untuk menikmati hidangan sop kambing di malam bulan ramadhan ini. Berangkatttt...


Setelah menelusuri Jl. Banceuy, akhirnya ketemu juga tenda yang bertuliskan "Sop Kaki Kambing, Khas Jakarta - Tanah Abang, M.Syam", bersebelahan dengan Sop Kaki Sapi dengan brand yang sama. Masuk ke tenda yang berukuran kecil ini kita langsung diminta memilih berbagai sumber kolestrol terbaik :) Ada daging, lidah, mata, otak, kaki, tulang rawan dan lain sebagainya, yang tentunya semua berasal dari kambing. Setelah memilih sesuka hati dan sesuai selera, maka giliran "sang koki" bekerja. Pilihan kita akan dipotong-potong kemudian diberi kuah yang santan yang dikeluar-masukkan ke pancinya (mungkin supaya lebih meresap), diberi rempah-rempah dan minyak samin dan taraaaaaa.... hadirlah semangkuk sup kambing di depan kita, siap untuk disantap.

Daging kambing (dan teman-temannya) disajikan dalam kuah santan (dan susu?) yang kental berpadu dengan rempah-rempah dan minyak samin benar-benar langsung merangsang kelenjar saliva kita untuk bekerja. Dipadu dengan kecap manis dan acar timun, tidak salah memang Sop kambing M. Syam ini jadi rekomondasi banyak orang penikmat Sop kambing. Dalam sekejap hidangan di depan saya ludes yang berakibat susahnya tbuh untuk bergerak karena kekenyangan :) Buat yang gak suka kambing, bisa berlabuh di tenda sebelah yang menyajikan Sop Sapi. Oh iya, konon lagi nih, menu yang satu ini juga merupakan makanan untuk "keperkasaan pria". Bener atau tidaknya saya tidak tahu, yang jelas beres makanan ini langsung kekenyangan dan pengennya bobo :)

Jl. Banceuy yang siang harinya merupakan pusat onderdil otomotif akan berubah wajah di malam hari menjadi salah satu tempat kuliner Bandung. Sop Kambing menjadi hidangan mayoritas yang tersaji di sepanjang jalan itu. Tapi teman saya berpesan, "Ingat, banyak penjaja sop kambing di sepanjang Jl. Banceuy tapi cari yang tulisannya "M. Syam". Dijamin mantap" :))

Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

    ReplyDelete
  2. thanks buat rekomendasinya ya, bagus buat data base kuliner nih.

    ReplyDelete