Wednesday, May 20, 2009

Kuliner 96 - DimSum Kampoeng, Bogor

DimSum Kampoeng
Jl. Pajajaran No. 43B, Bogor
Telp: 0251 9378143

Bisnis kuliner emang gak ada matinya, tempat makan dari berbagai kelas muncul di berbagai sudut kota, tak terkecuali kota Hujan. Nah ada satu tempat makan baru di kota Bogor ini yang cukup unik dan menggelitik, namanya DimSum Kampoeng. Dimsum, kata Wikipedia berasal dari bahasa Kantonis yang artinya "makanan kecil", memang salah satu kuliner favorit istri saya. Nah, kebetulan saya dapat info dari email bahwa di Bogor ada tempat makan dimsum yang baru buka di bulan April 2009, langsunglah kita meluncur kesana. Apa istimewanya tempat baru ini? Berikut beberapa menu yang sempat saya cicipi dan keterangan yang tercantum pada daftar menunya.

Siomai, dalam bahasa mandarin, makanan ini disebut dengan shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Siomai dibungkus oleh kulit yang tipis dari tepung terigu, dengan isi dibuat dari udang, tenggiri dan jamur, di atasnya diberi hiasan parutan wortel. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam. Rasanya? mantap, anak saya sampe makan terus gak brenti-brenti, apalagi ditimpali dengan saos asam manis sebagai saos pendampingnya membuat indera pengecap kita lupa daratan :) Harga: Rp. 11.000/porsi

Hakaw, elemen yang tidak bisa terlewatkan dari jajaran dimsum. Cacahan udang yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung tangmien (terigu) dan tepung tapioka serta diolesi Garlic oil. Dan tak lupa dicocol saos khas dimsum dari nanas dan tomat, seluruuupppp.... Harga: Rp.11.000/porsi

Sui-Kiauw, masih berbahan dasar udang tapi yang ini kulitnya lebih tipis dan dagingnya lebih tebal. Tetap didampingi oleh saos andalan yang selangit rasanya. Harga: Rp. 11.000/porsi


DimSum Kombinasi, buat yang pengen nyobain semuanya pesen aja menu yang satu ini. Satu siomai, satu hakaw, satu Sui-Kiauw dan satu Lumpia. Bukan lumpia semarang loh, tapi lumpia berisi udang cincang, dibungkus dengan kulit tahu. Kelezatan empat jenis dimsum ini tampak begitu kaya dalam sajian yang satu ini. Harga: Rp. 13.000,-



Dimsum Bakar, nah ini andalan tempat makan ini. Berbeda emang dengan yang lain, dan curiganya hanya tempat ini yang menyediakan menu ini di Indonesia. Empat buah dimsum disajikan di atas hot plate dengan diguyur saus barbeque serta didampingi tiga jenis saus: barbeque, asam manis dan mayonaise. Enak tapi citarasa dimsumnya menurut saya hilang terbungkus oleh kuatnya rasa barbeque. Buat yang bener2 pengen merasakan cita rasa dimsum asli mungkin akan kecewa dengan sajian ini, tapi buat yang butuh sesuatu yang berbeda dari sajian dimsum yang begitu-begitu saja, mungkin ini dapat menjadi alternatif. Harga: Rp.13.000,-

Es Pala, buat minumnya jangan lewatkan minuman khas kota Bogor ini. Sari pala yang segar memang benar-benar melegakan tenggorokan kita, ditambah dengan irisan-irisan buah pala yang dapat menjadi pencuci mulut yang unik. Harga: Rp. 5000,-

Banyak juga pilihan menu non dimsum yang dapat dipesan di tempat ini. Sebut saja mie kocok, nasi timbel, ayam goreng/bakar dan lain-lain. Nah buat yang kebetulan lagi di Bogor bisa cari tempat ini, di seberang plaza pangrango (internusa) tepat dibelakang rumah makan sunda Pondok Bambu Kuring. Walaupun bangunannya sederhana tapi rasa yang disajikan di tempat makan ini sangat "berkecukupan" :)

Update: Dimsum Kampoeng saat ini sudah pindah ke Jl. Lodaya (FO Velmeer) seberang McDonald.


Kuliner di Kota Bogor lainnya...


Kuliner lain di kota ini:



12 comments:

  1. yup, makanannya emang enak banget..yg bikin asik lagi, suasanan santai, gak bising, parkir nya gratis dan deket sama tempat makan, bener2 kekeluargaan. Rekomen kalo bw anak:)

    ReplyDelete
  2. Posisinya tepatnya dimana ya? Ancer-2nya gitu loh.. Krn kan jl. pajajaran itu panjang bgt. Thx..

    ReplyDelete
  3. Ancer2nya itu udah ada di alinea terakhir. Di seberang plaza pangrango (internusa) tepat dibelakang rumah makan sunda Pondok Bambu Kuring. Jd kalo keluar tol di baranang siang belok kanan, kira2 1 km sebelah kanan jalan lah

    ReplyDelete
  4. dimsum kampoeng skrg pindah pak... ke jl. lodaya no.1,di bawah FO Vemeer pajajaran, persis di jalanan antara Mc.d lodaya dan FO Vemeer.

    ReplyDelete
  5. asikk bgt makanannya..
    yummi..ditambah tempatnya yang nyaman,, bikin betah..

    ReplyDelete
  6. Halah susah nyarinya !

    ReplyDelete
  7. sekarang sudah pindah ke alamat yasmin sektor 6 .

    ReplyDelete
  8. Makasih yah ka infonya, oh iya engga bisa di share ya ka ? (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dishare koq, tapi sebagai catatan saat ini Dimsum Kampoeng sudah pindah lagi ke daerah Cimanggu...

      Delete
  9. jd skrg alamat persisnya dmn ya...? mohon info nya yaaa

    ReplyDelete
  10. Rasanya bagaimana Pak? Apakah masuk kategori rekomen? Dan mohon info patokan lokasinya.

    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomen sih, unik. Masalahnya tempatnya udah pindah-pindah beberapa kali dan saya gak tau sekarang posisinya dimana :((

      Delete