February 2009 - Wisata Kuliner Indonesia

Friday, February 27, 2009

Kuliner 82- Kedai Aceh "Cie Rasa Loom", Bandung (Jilid II)
February 27, 20091 Comments

Kedai Aceh "Cie Rasa Loom"
Jl. Buah Batu No. 154 Bandung

Pernah baca coretan pertama saya tentang Cie Rasa Loom ini? Dulu tempat ini masih berupa tempat makan kecil, terletak di pelataran halaman sebuah rumah di Jl. Buah Batu. Sekarang... tempat makan ini sudah berduplikasi menjadi dua buah rumah makan yang cukup megah, yang satu terletak di Jl. Terusan Buah Batu No. 51 dan satu lagi hanya bergeser sedikit dari tempat yang lama yaitu di Jl. Buah Batu N0. 154. Selain tempatnya yang menjadi besar, Rumah makan yang menyajikan masakan khas Aceh ini juga menambah durasi operasinya menjadi 24jam! Makanannya? Tetap mantabb, pas buat yang emang mengejar makanan khas Aceh di kota Bandung ini. Emang ada apa aja sih?

Mie Rebus Kepiting... Walaupun tidak sedahsyat Mie Kepiting aslinya di Aceh, menu yang satu ini saya rekomendasikan. Balutan kuah aceh yang pedas-pedas hangat ditimpali dengan daging kepiting yang gurih memang menjadi paduan yang pas. Sayangnya kepiting yang disajikan kepiting kecil (rajungan?) sehingga agak repot ketika memakannya, sibuk menemukan daging diantara kulit2 kepiting yang keras ini. Walau begitu, hal tersebut tetap tidak melunturkan tag resto ini "Rajanya Mie Aceh". Harga: Rp. 21.000,-


Nasi Goreng Kambing... Bukan nasi goreng kambing biasa, Nasi goreng ini memberikan "sentuhan" Aceh di bumbunya, pedes-pedes gimana gitu. Ditambah dengan potongan daging kambing yang empuk, pas untuk para penikmat yang ingin menyantap makanan untuk menghangatkan tubuh. Disajikan dengan telur mata sapi dengan tingkat kematangan yang pas, emping dan acar khas Aceh dengan porsi yang sangat amat cukup untuk membuat kita kenyang. Harga Rp. 28.000

Martabak... walaupun namanya martabak, tapi menu yang satu ini mungkin lebih mirip dengan telur dadar. Ya, tanpa balutan kulit martabak yang kita kenal, martabak khas aceh ini memang tidak seperti martabak yang kita kenal. Daging telur yang tebal ditimpali dengan berbagai rempah-rempah sehingga martabak ini terasa "penuh"... Mengenyangkan... Harga : Rp. 10.000,-


Es Alpukat... Buat hidangan pencuci mulut saya sarankan untuk mencicipi es alpukat. Daging alpukat yang hanya dipotong tipis, tanpa di juice, disandingkan dengan daging kelapa muda, ditimpali dengan susu kental manis dan es batu, hmmmm bener-bener menyegarkan... Harga: Rp.9.000,-

Jadi buat yang mencari pengganjal perut di tengah malam, Cie Rasa Loom bisa menjadi alternatif, apalagi jika ditemani kopi telur khas Aceh yang dahsyat itu, dijamin melek deh sampe pagi hehehe...
Reading Time:

Friday, February 20, 2009

Kuliner 81 - Warung Wayangku, Bandung
February 20, 2009 3 Comments

Warung Wayangku
Jl. Wayang No. 12 Bandung
Telp: (022) 7312472, 70047557

Nyari tempat makan siang di Bandung? Saya nemu satu tempat makan yang asik dengan menu makanan yang bervariasi dan menggoyang lidah. Namanya Warung Wayangku, kenapa namanya wayang? karena berlokasi di Jl. Wayang, deket Jl. Burangrang. Beragam makanan Indonesia, seperti aneka sop, soto, tongseng, ayam/bebek goreng, gudeg, pempek dan lain-lain, beradu rasa dengan lasagna, macaroni dan zupa-zupa. Dengan suasana rumahan, tempat ini memang sejuk dan memancing indera pengecap kita untuk segera menyantap makanan yang tersaji. Apa saja yang sempat saya cicipi?

Sop Iga Bakar + Kacang Merah... Iga bakarnya pol abisss, dengan aroma kecap dan merica yang saling beradu membuat lidah kita begitu termanjakan, ditambah dengan seruput sop kacang merah hangat yang segar. Porsinya pun lumayan banyak, 4 potong iga dengan daging teballll.... Bisa buat berdua tuh. Menu ini dijual paket bersama pilihan aneka juice (melon, sirsak, jambu atau mangga) dan dessert (puding, rujak serut atau es buah). Harga: Rp. 25.000,- (termasuk juice&dessert)


Sop Iga Kuah... buat yang gak suka rasa manis dari iga bakar bisa coba sop iga kuah ini. Dagingnya tetep rimbun alias banyak, memuaskan deh pokoknya. Kuah sopnya juga gak kalah seger, apalagi ditambah dengan sedikit tetesan sambal yang tersedia. Harga: Rp. 19.000,-



Lo Mie Imam Bonjol... Salah satu kuliner kota kembang yang banyak dicari orang. Nama Imam Bonjol diambil dari nama jalan tempat lo mie ini menjajakan makanannya pertama kali yaitu Jl. Imam Bonjol kawasan Dago. Mie, kangkung dan tauge, dibalut dengan kuah panas khas lo mie yang kental, ditaburi ayam dan bawang daun dan diselipi baso dan pangsit ayam basah yang kenyal... Fuihhhhh, dijamin gak kan nyesel deh, te-o-pe be-ge-te. Harga: Rp. 11.000,-



Siomay... Siapa sih yang gak kenal Siomay Bandung? Boleh juga dicoba yang ada di Warung Wayangku ini. Walaupun gak terlalu spesial tapi cukup memberikan aroma yang tidak mudah dilupakan oleh sel-sel di lidah kita. Harga: Rp.7.500 (satu porsi isi 5)


Es Beras Kencur... Minuman tradisional yang selalu jadi favoritku. Campuran rempah alami yang berkhasiat untuk mengembalikan kesegaran tubuh ini langsung saya pesan begitu terlihat di daftar menu. Rasanya? Ambooyyyy, bener-bener jadi seger nih hehehe Harga: Rp. 7.500,-


Es Kelapa Muda... Minuman ini bisa kita pilih pemanisnya, mau pake sirup/susu atau gula merah. Sebenernya tadi temenku pesennya yang gula merah, tapi entah kenapa munculnya yang pake sirup. Untung tetep enak :) Harga: Rp. 8.000,-



Masih puluhan menu yang harus saya coba di tempat ini, jadi pasti bakal muncul jilid jilid berikutnya dari Warung Wayangku ini, secara lokasinya gak terlalu jauh dari kantorku di Bandung. Atau kalo ada yang berniat mampir kesini, ajak-ajak dong.... :))
Reading Time:

Wednesday, February 4, 2009

Kuliner 80 - Resto KATJAPIRING, Bandung
February 04, 2009 4 Comments

KATJAPIRING
Paris Van Java Mall, GF, G-C-15
Jl. Sukajadi 137-139, Bandung
Telp: (022) 820633456

Liburan akhir tahun 2008 kemaren saya bersama keluarga dan teman menyempatkan untuk sekedar jalan-jalan di salah satu mall yang tematik di kota Bandung, Paris Van Java (PVJ). PVJ memang memiliki konsep unik sehingga tampak berbeda dengan mall-mall lainnya, suasana asri dengan pepohonan dan burung-burung yang beterbangan bebas membuat pengunjung sangat nyaman untuk berbelanja ataupun sekedar belanja jendela (windows shopping) :)) Dengan suasana asri ditimpali dengan udara kota Bandung yang sejuk tentunya membuat perut kita akan cepat terasa lapar. Seperti Cilandak Town Square (CITOS) di Jakarta, PVJ Bandung ini juga didominasi oleh tempat-tempat makan yang sangat beragam. Akhirnya kami memutuskan untuk makan di rumah makan yang unik dan menyajikan menu yang kayanya bakal cocok dengan selera kita dan yang paling penting, memberikan discount cukup besar dengan menggunakan kartu kredit yang saya punya :) Nama tempatnya KATJAPIRING.


Resto Katjapiring ini mengusung resep tradisional yang merupakan gabungan cita rasa dari Penang Malasia dan Jawa Indonesia. Desain bangunannya pun dibuat seperti jaman doeloe baik interior maupun eksteriornya. Jendela kayu, kursi kayu jaman dulu, hiasan dinding, toples kerupuk dan lain-lain seakan mengantar kita ke jaman Belanda dulu. Ketika saya membuka menu beragam jenis makanan yang mengundang selera terpampang di sana, cukup bikin pusing untuk milihnya. Akhirnya inilah beberapa makanan yang kita pesan:

Curry Fried Rice, nasi goreng dengan bumbu kari yang kaya akan santan dipadu dengan daging ayam dan balutan telur dadar. Buat yang suka masakan melayu harus nyoba menu yang satu ini, rasa karinya cukup nendang untuk dapat memanjakan indera pengecap kita. Harga: Rp. 26.000,- (exc. PPN & service charge)


Fried Noodle "Mamak Style"
. Mie Goreng khas dari katjapiring yang bercita rasa Jawa dengan rasa pedas yang cukup menghentak dari bumbunya yang cukup "penuh" menghiasi mie, ditambah dengan taburan kacang dan sayuran. Muantabbb deh pokoknya.... Harga: Rp. 26.000,- (exc. PPN & service charge)

Manggo Chicken, menu unik ini menggabungkan ayam goreng dengan bumbu mangga muda dan cita rasa pedas. Rasanya asam-asam gitu deh. Kalo saya sih gak begitu suka, tapi istri saya bilang menu yang satu ini enak banget. Maklum saya dari dulu gak suka buah asam, buat rujak aja nyarinya buah yang manis. Harga: Rp. 40.000,- (exc. PPN & service charge)

Roti Canai dan Chicken Curry, ini nih yang Malay banget... kari ayam dalam bumbu kental disajikan dengan roti canai yang tipis dan krispi. Karinya top abis, saya suka banget, tapi roti canainya saya prefer kalo agak lebih tebal (kaya roti prata-nya India), pasti lebih manteb. Harga: Rp. 22.500,- (exc. PPN & service charge)

Tomaten Soup, buat yang nyari appertizer atau emang nyari makanan yang lebih light, mungkin bisa coba menu ini. Sup tomat yang asam manis disisipi daging ayam, sangat pas buat dimakan panas-panas buat ngelawan udara dinginnya Bandung. Harga: Rp. 20.000,- (exc. PPN & service charge)

Gimana? Tertarik mencoba? Dijamin gak kan nyesel deh... walaupun emang harganya harga "Mall" tapi sebanding dengan "fasilitas dan fitur" yang diterima oleh lidah kita. Nice to try....
Reading Time:

@way2themes