Kuliner 79 - Sop Buah Durian, RM. Andalas - Bandung

RM. ANDALAS
Jl. Tata Surya No. 48, Margahayu Raya, Bandung
Telp: (022) 91884544, 7503090

Bandung emang terkenal kreatif dalam penciptaan aneka jenis kuliner menarik. Salah satunya adalah Sop Buah yang konon 'ditemukan' oleh Pak Ewok yang menjajakan sop buahnya di Jl. Cimandiri, Belakang Gedung Sate Bandung. Dari situlah saat ini menjamur kedai-kedai sop buah, baik berupa rumah makan maupun yang berupa gerobak dorong. Ada satu tempat makan yang menjual sop buah dan sangat ramai dikunjungi terutama pada bulan puasa kemaren, letaknya di dalam Komplek Perumahan Margahayu Raya Bandung, nama tempatnya RM. Andalas. Display kaca air dengan poster-poster buah merupakan pemancing yang cukup efektif disamping rasa sop buahnya yang memang benar-benar menggetarkan tenggorokan kita.



Sebenarnya Rumah Makan ini menjual menu utama makanan-makanan khas negeri Arab, sebut saja Briyani, Chikentika, Kebuli, Marag dan lain-lain. Tetapi daya tarik yang cukup besarnya justru dari sop buah dan aneka juice buah yang tersedia disini. Andalannya adalah Sop Buah Durian dan Sop Durian. Sop buah durian merupakan 'kumpulan' aneka buah-buahan, sebut saja strawberry, apel, pear, mangga, sirsak, semangka, anggur, jambu, rambutan dan tentu saja durian, yang disajikan dalam kuah air gula, susu kental manis dan es batu. Rasanya gak perlu diceritakan, more than words can say hehehe.... Bagi penggemar fanatik durian, bisa juga memesan Sop Durian yang hanya berisikan durian. Dan yang cukup menarik adalah sop mangga dan sop alpukat, sayang saya gak sempat nyoba. Mangga dan alpukat tersebut tidak dijuice tapi hanya dipotong-potong kemudian disajikan dalam serutan es dan susu kental manis. Hmmmm...
Harga: Sop Buah Durian Rp. 10.000,-, Sop Durian Rp. 12.000,-, Sop Mangga Rp. 7.000,-, Sop Alpukat Rp.7.000,-

Jangan lewatkan juga menu makanannya, Chikentika salah satunya. Ayam Bakar dengan bumbu pedas khas Arab. Kata istri saya yang merupakan pencinta makanan timur tengah, makanan ini enak banget, bumbunya bener2 nendang. Saya sendiri tidak terlalu suka karena tidak ada rasa manis dari kecap dari bumbu ayam bakar ini, ya iya lah namanya juga makanan arab. Dengan harga Rp. 8.000,- anda bisa mendapatkan dua potong ayam bakar (dada dan paha) dengan potongan cukup besar. Murah kan???

Nasi Kebuli, merupakan menu makanan pilihan lainnya. Nasi gurih khas timur tengah ini dapat disajikan dengan kambing, ayam bakar atau tanpa daging. Dengan ditemani acar dan sambal khasnya nasi kebuli ini memang layak untuk dijadikan menu makan malam anda. Harga: Rp. 22.000,- (nasi kebuli kambing/ayam bakar)

Nah, kalau Anda ingin menikmati makanan khas timur tengah sembari merasakan kesegaran aneka juice dan sop buah, segeralah meluncur ke Komp. Margahayu Raya, Soekarno-Hatta, Bandung. RM Andalas terletak di jalan utama perumahan ini, tidak akan sulit untuk ditemukan...

Comments

  1. Oh.. saya kira Sup panas, ternyata termasuk dessert ya..

    Lam kenal ya mas, sesama pecinta kuliner :)

    ReplyDelete
  2. Salam Kenal juga mas Jie....
    Mudah-mudahan kita bisa berwisata kuliner bareng nantinya :)

    ReplyDelete

Post a Comment