Friday, July 11, 2008

Kuliner 57 - Soto Anang, Martapura

Akhirnya, satu kota baru lagi di Nusantara ini berhasil saya singgahi, Banjarbaru di Provinsi Kalimantan Selatan. Memenuhi undangan dari Badan Diklat Provinsi Kalsel, saya mendarat di Bandara Syamsudin Noor, sekitar 20 menit dari Kota Banjarbaru, lebih dekat dibandingkan Banjarmasin yang kira-kira membutuhkan waktu tempuh 1,5 jam dari bandara. Kebetulan, Badan Diklat ini memang berada di Kota Banjarbaru, tidak di ibu kota provinsinya. Malam pertama, saya langsung diajak untuk menikmati Soto Banjar, salah satu kuliner khas dari daerah ini. Menyeberang ke kabupaten tetangga, mendaratlah kita di Soto Anang, yang berlokasi di Jl.Ahmad Yani KM 39, Martapura.


Soto Anang merupakan salah satu penyaji Soto Banjar yang cukup terkenal di kawasan ini. Soto Banjar merupakan soto khas Banjar yang berbahan utama ayam, tetapi selain disuwir, potongan ayam yang besar juga tersaji di atas soto ini. Di soto Anang ini, ayam yang digunakan juga ayam pejantan sehingga kegurihan rasanya tak perlu diragukan. Tidak hanya ayam, soto banjar juga "dipenuhi" dengan perkedel kentang, telur rebus dan tentunya ketupat sebagi makanan pokoknya. Dibanjiri dengan kuah soto banjar yang kaya akan rempah-rempah, rasa soto banjar ini memang akan memanjakan indera pengecap kita. Perfecto.... Semua itu cukup ditebus dengan uang sebesar 13ribu rupiah. Selamat mencoba...

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. SOTO ANANG Bikin MaknYoS...Aku sering Beli,,,Kalau Ibu Ku Gak Masak Trus Bapa Ku Beli ikan,Aku Sering Beli kuah SOP Di sana.Rasa nya Maknyos,,,Muantap.
    Farid Murazie
    http://anakjalanan.blog.niwakarya.com/saya

    ReplyDelete