Tuesday, July 8, 2008

Kuliner 56 - Soto Yu Gisah, Mataram

Nah jika di Mataram anda bosan dengan rasa "ikan" dan "pedas, silakan kunjungi Soto Yu Gisah. Terletak di seberang Bandara Selaparang, tepatnya di Jl. Adisucipto No. 10, Mataram, tempat makan ini memang menghadirkan suasana "Jawa" di pulau Lombok. Ketika melangkahkan kaki masuk, kita akan disambut dengan jejeran pendopo khas Jawa Tengah, tempat kita menyantap makanan sambil lesehan. Sayang ketika saya berkunjung kesana tengah ada pembangunan ruangan yang menyebabkan suasana menjadi agak kurang nyaman.


Menu utama di Soto Yu Gisah ini tentunya adalah Nasi Soto Ayam. Sepiring nasi soto dengan taburan daging ayam kampung akan segera tersaji di hadapan kita tak lama setelah kita memesannya. Mengingatkan kita akan Soto Semarang atau Soto Kudus, akan tetapi gurihnya ayam kampung khas mataram ini memberikan cita rasa yang berbeda, terasa lebih gurih.

Sebagai pendampingnya, sepotong ayam goreng sangatlah cocok. Seperti ayam taliwang, ayam goreng ini juga berukuran "mungil", diambil dari ayam yang masih berusia muda, yang tentunya sangat gurih. Selain itu, gorengan tempe yang dibungkus tepung juga menjadi pilihan menarik agar rasa sotonya lebih nendang.

Dan untuk minumnya, segelas Es Jeruk Nipis tampaknya merupakan penutup yang pas. Sedikit rasa asam yang ditimpali dengan manisnya gula dan dinginnya es batu menutup perjalanan saya di kota Mataram ini. Jadi, sebelum anda bertolak terbang keluar pulau Lombok, di pertigaan Bandara, belok kanan sebentar, Sekitar 20m sebelah kanan temukan Soto Yu Gisah untuk menemukan sensasi kuliner yang berbeda dari tempat makan lainnya di Mataram...

Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. kenapa mas nggak nyoba bebalung? itu sejenis sop buntut tapi bumbunya beda, isinya juga buka cuma buntut sapi aja tapi bisa juga bagian lain dari sapi...lokasi jual bebalung yang paling sering (dan pernah masuk TV) itu di belakang kantor gubernur NTB, mantap disana mas, kapan2 kalo ke mataram di coba ya :)

    ReplyDelete
  2. Wah mbak Nanda, baru denger tuh infonya. Mudah2an ada kesempatan ke Mataram lg mau nyempetin nyoba. Thx berat infonya...

    ReplyDelete