Saturday, May 10, 2008

Kuliner 50 - RM Sari Segara, Bengkulu


RM Sari Segara
Jl. Mayjen Sutoyo No.21 Bengkulu
Telp : 0736-345004


Senin, 5 Mei 2008, ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki ke Kota Bengkulu, Kota yang konon memiliki salah satu pantai yang indah di Indonesia. Sebelum berangkat, sempat sedikit mencari-cari informasi kuliner yang khas dari Kota ini, tapi ternyata sangat sulit mendapatkannya. Akhirnya saya terbang tanpa bekal informasi kuliner sedikitpun. Menginap di Raffles Hotel (**) yang terletak di pinggir pantai, saya baru berburu makanan di Bengkulu di malam kedua. Setelah sedikit berputar-putar, serasa tour city, akhirnya saya melabuhkan mobil di RM. Sari Segara di Jl. Mayjen Sutoyo. Rumah makan yang menyediakan makanan seafood, ayam dan bebek.


Tertarik dengan makanan yang tersaji di meja sebelah, segera saya mengorder makanan serupa… Kepiting Asam Manis, makanan favorit sepanjang masa. Menunggu sekitar 15 menit, tersajilah di meja sepiring kepiting yang mengalirkan keharuman bumbu asam manis. Tidak usah menunggu lama, langsung saya sambar sepotong kaki kepiting yang paling dekat dengan jangkauan. Ketika bumbunya menempel di lidah, langsung saya terhenyak, ueenaakkk tenannn bosss….. Jarang saya menemukan bumbu yang enak di daerah, usut punya usut ternyata yang punya dan yang masak adalah orang Solo. Rasa Manis yang gak mblenger berpadu dengan sedikit rasa asam, menciptakan aroma yang pas. Walaupun rasa pedasnya kurang terasa tapi anehnya bumbu kepiting ini tidak ngebuat enek… Dua jempol deh buat sajian yang bisa ditebus dengan harga hanya 35ribu perak satu porsinya ini.


Penasaran untuk mencoba menu lainnya, saya juga memesan Gurame Saus Tiram. Hmmmm, gurame goreng dengan dagingnya yang lembut ini begitu memanjakan indera pengecap kita dengan guyuran saus tiramnya. Masih dibalut rasa manis, tetapi kali ini aroma saus tiramnya cukup mengena. Sekali lagi acungan dua jempol buat menu yang cukup ditebus dengan uang 25ribu rupiah satu ekornya ini.

Untuk minumnya saya memilih salah satu minuman favorit saya, Teh Susu. Minuman yang dibandrol seharga 6000 perak ini memang sangat menyegarkan, sayangnya susu kental manis yang digunakan terlalu banyak sehingga terkesan giung (terlalu manis). Tapi itu tidak masalah karena bisa ditambah dengan air, malah porsinya jadi lebih banyak, bener gak? :))

Oh ya... Di Jl. Jend Sudirman, Bengkulu juga ada rumah makan dengan nama yang mirip RM Sari Segoro (pake "o" gak pake "a"). Nah saya gak tau mana yang lebih enak dari dua rumah makan "bersaudara" ini. Jadi silakan saja di test kalo anda lagi ada di Bengkulu...

Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. ada oleh-oleh khas bengkulu yg kadang setiap teman pulang kampung wajib di bawa ke Malang..tempuyak namanya..heheee

    ReplyDelete
  2. Tempuyak bukannya banyak ya di kota lain ya mas Fajar? :)

    ReplyDelete