Wednesday, December 26, 2007

Kuliner 38 - Garang Asem Iga Sapi, Bandung

Bagi anda yang sedang jalan-jalan di Kota Bandung dan lagi mencari tempat makan yang nyaman bersama keluarga ataupun dengan teman-teman, silakan arahkan kendaraan anda ke Jl. Naripan no. 92C atau Jl. Trunojoyo no.29 (sekitar dago). Cari rumah makan yang bertajuk Kedai Nyonya Rumah. Menyajikan tempat yang cozy dan cita rasa masakan yang luar biasa, tempat makan ini memang sangat cocok untuk bersantap sambil menikmati sejuknya udara Bandung karena dekorasi interior tempat makan ini begitu asri.


Didirikan oleh sang Nyonya Rumah, Ibu Julie Sutarjana, rumah makan ini konon menyediakan 90% resep masakan hasil karya sang pendiri. Tidak heran karena Ibu yang sudah berusia 85 tahun ini salah satu pengisi rubrik dapur kita di harian Kompas sejak tahun 1970-an. Berbagai menu yang tersaji di Kedai Nyonya Rumah ini tentunya sudah teruji kenikmatannya. Sebut saja beberapa menu yang kami pesan berikut:


Garang Asem Iga Sapi. Merupakan favorit saya di tempat ini. Iga sapi yang diramu dalam kuah garang asem yang segar dengan rasa asam manis. Menu ini disajikan dalam panci kecil yang diberi api kecil untuk dapat menjaga kehangatannya, dan jangan takut kekurangan daging, menu yang satu ini memberikan kita daging iga dengan porsi yang cukup besar, bahkan menurut saya cukup untuk dua orang. Dan semua itu bisa kita nikmati dengan harga Rp. 25.000,- saja. Hmmm…. Sangat saya rekomendasikan...


Nasi Goreng Ny. Rumah. Menu yang ini adalah faovorit istri saya, dengan bummbu khas Nyonya Rumah, nasi goreng ini disajikan dengan irisan ayam, udang goreng tepung, telur dadar, dan yang cukup unik adalah irisan daging asap di atas nasi gorengnya. Harganya Rp. 22.500.




Nasi Ulam. Merupakan nasi campur khas Ny. Rumah, yaitu semacam nasi uduk yang dibumbui rempah-rempah khusus, disajikan dengan ayam goreng kemiri, potongan telur dadar, ikan teri, sambal goreng tempe dan tentunya kerupuk + sambal. Untuk menu ini anda harus merogoh kocek Rp. 23.500,-





Nasi Tutug Oncom. Makanan khas sunda ini juga memberikan cita rasa yang unik khas Ny. Rumah. Disajikan dengan Ayam Goreng, tahu tempe goreng, dan kerupuk, menu ini bisa “ditebus” dengan harga Rp. 23.500,-





Tahu Gimbal. Buat yang ingin makanan yang agak light, bisa memilih menu ini. Potongan tahu yang disajikan dengan gorengan udang, sayuran, emping dan semangkuk bumbu petis yang lezat, dapat kita nikmati dengan harga Rp.13.000,-





Selain makanan khas Indonesia, rumah makan ini juga menyediakan berbagai makanan khas eropa, sehingga dapat memanjakan lidah dengan beraneka selera. Minuman tradisional seperti es tape kelapa muda, es cingcau hijau, dan cendol pun dapat anda nikmati berdampingan dengan minuman “modern” seperti es cappucino, milkshake dan lain sebagainya. Bagi penggemar teh rasa buah tersedia juga teh dengan rasa lychee, peach dan raspeberry dengan harga Rp. 5.500 per gelasnya.

Satu lagi, Kedai Nyonya Rumah juga menyajikan beraneka makanan kecil (cake) yang bisa kita bawa pulang ataupun disantap di tempat. Sebut saja bolu gulung, bitterbalen, tahu berontak, risoles, kroket, roti goreng, aneka tart dan lain sebagainya, dengan cita rasa yang juga aduhai, karena merupakan resep racikan sendiri.

Ok, keliatannya saya perlu berkunjung lagi ke Kedai Nyonya Rumah ini agar dapat mencoba menu lainnya buat coretan saya berikutnya, terutama menu Nasi Iga Sapi Bakar, hmmmm judulnya aja udah bikin ngiler kan. So… Welcome to Paris van Java, the flower city that has changed into the shopping and culinary city :)

Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment