Thursday, November 1, 2007

Kuliner 25 - Mie Aceh "Cie Rasa Loom", Bandung


Anda penggemar Mie Aceh? Jika ya, kalo lagi di Bandung, berarti anda harus mampir ke Kedai Aceh Cie Rasa Loom yang berlokasi di Jl. Buah Batu 158, tepat di seberang Super Indo Buah Batu. Tempat makan ini menyajikan beraneka kuliner khas dari propinsi paling barat di negara kita ini. Selain Mie Aceh (goreng atau rebus) kita juga bisa menemukan santapan lainnya seperti Nasi Goreng Aceh, Martabak Aceh, Martabak Kari Kambing, dan Roti Cane.

Untuk minumnya, kita bisa mencicipi minuman khas seperti kopi saring, kopi telor, Teh tarik+ susu, selain minuman biasa seperti soft drink dan aneka juice. Dalam pembuatan kopi dan teh tersebut kita bisa melihat aksi dari si peracik minuman dalam pengolahannya. Kopi atau teh yang berada dalam saringan yang dimasak dalam air mendidih diangkat dan langsung dikucurkan ke dalam gelas kecil. Sayang, karena makanan yang saya pesan akan dibawa pulang (take away) saya jadi tidak sempat menyeruput kehangatan minuman-minuman tersebut.

Bagaimana dengan cita rasa makanannya? Saya memesan Mie Goreng Special dan Martabak. Mie gorengnya tentu berbeda dengan mie goreng yang biasa kita temui. Dengan bahan dasar mie khusus yang berwarna lebih tua dan memiliki ukuran lebih besar dari mie biasa, dan kemudian dimasak dengan bumbu khusus (konon katanya mie aceh yang asli menggunakan ganja sebagai pelengkap bumbunya) maka kita akan mendapatkan mie goreng yang lezat dengan aroma pedas yang mantap. Mie ini disajikan dengan potongan timun, tomat dan bawang merah. Sedangkan martabaknya sepintas mirip dengan telor dadar biasa, tapi ketika digigit baru terasa perbedaannya. Martabak ini menggunakan roti cane sebagai "kulitnya", dan dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas, martabak aceh ini enak untuk disantap sebagai cemilan ataupun untuk lauk.

Next time, mungkin saya akan mencoba martabak kari kambing dan mie kuahnya. Hmmmm, rasanya sudah kebayang di lidah...

Note: Mie Aceh "Cie Rasa Loom" ini sudah bergeser ke tempat yang lebih besar dan nyaman di Jl. Terusan Buah Batu (menuju arah pintu tol buah batu)

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. asli paling demen makan martabak aceh, enak buanget. salam

    ReplyDelete
  2. wah sayang blm pernh cb kuliner khas aceh :D ....ntr dech klo k bandung cobain :D

    ReplyDelete
  3. dulu jaman kuliah suka nongkrong di mie aceh tp skr sdh tidak ditemukan tmpat itu, searching ternyata ada rekomendasi baru neh.
    thx yah

    ReplyDelete
  4. harganya berapa tuh?

    btw, superindonya sekarang dah pindah ke piset mall :P

    ReplyDelete