Thursday, October 18, 2007

Kuliner 23 - Restoran Samara Gunung, Bandung

Menjelang akhir bulan puasa ini, jajaran management dari kantor saya, PT. Chelonind Integrated, melakukan rapat koordinasi di Bandung untuk membahas kinerja catur wulan kedua. Rapat koordinasi ini diakhiri dengan acara Buka Puasa Bersama. Kita sepakat untuk memilih Restoran Samara Gunung, yang merupakan rumah makan sunda, berlokasi di Jl. Naripan no. 79.

Restoran ini mengambil positioning yang cukup unik yaitu "Masakan Khas Ciamis", berbeda dengan restoran sunda lainnya yang hanya menonjolkan sekedar masakan sunda. Dan memang, dari menu yang ditawarkan kita dapat melihat beberapa kuliner khas Ciamis terpampang disitu, sebut saja masakan yang berbahan dasar Ikan Patin, yang jarang kita temukan di RM Sunda biasa. Kita bisa memilih ikan patin ini untuk digoreng, dibakar (bumbu kecap) atau dibumbu gule. Khusus yang berbumbu gule ini kita bisa mendapati cita rasa yang cukup unik, tanpa santan kita akan merasakan kuatnya rasa kemiri dan rasa pedas yang cukup menyengat dari kuahnya.


Menu lain yang cukup unik adalah Oseng Genjer, seperti oseng kangkung tetapi berbahan dasar genjer. Sayuran yang berserat tinggi ini memang sangat enak jika dioseng atau di bumbu oncom.

Tentu saja, seperti RM Sunda lainnya, masih banyak menu yang tersedia di RM Samara Gunung ini, seperti berbagai jenis ikan (Gurame, Kwee, Mas), Cumi, Udang, Ayam Goreng/Bakar, Sayur Asem dan lain-lain.


Lokasi yang strategis (di tengah kota) dan tempat makan yang nyaman (kita bisa memilih tempat lesehan ataupun dengan kursi biasa), RM Samara Gunung layak untuk menjadi alternatif tempat bersantap bersama keluarga ataupun teman-teman. Oh ya, harganya pun relatif terjangkau. Saat saya makan disana, cukup merogoh kocek sebesar Rp. 278.750,- untuk makan 8 (delapan) orang, jadi sekitar Rp. 35rb / orang. Itupun masih banyak sisa makanan untuk dibawa pulang. Mau coba?

Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment