Thursday, August 2, 2007

Kuliner 17 - Rusa Hot Plate, Jayapura


Malam terakhir saya di Jayapura (12/07/07), sebelum besok kembali bertolak ke Jakarta, kami serombongan besar dari Depkominfo, berangkat untuk makan malam di Green View Restaurant, rumah makan yang menyajikan makanan bernuansa chinnese. Begitu duduk, saya langsung mencari makanan yang menarik dari daftar menu yang memuat banyak sekali pilihan kuliner yang bisa kita santap, terutama aneka seafood dan chinesse food. Ada berbagai menu berbahan dasar kepiting, ikan, dan lain-lain. Minumannya pun beraneka ragam, ada es lychee, rambutan, aneka macam juice dan lain-lain.


Tapi saya langsung tertarik dengan satu menu makanan, namanya : DEER HOT PLATE. Deer? iya betul, menu ini memang masakan dengan bahan utama daging rusa. Hmm, saya langsung membayangkan bagaimana wujud dari daging rusa ini, karena di pulau jawa ataupun di daerah-daerah lain yang sempat saya kunjungi tidak pernah ditemui masakan yang berbahan dasar daging rusa.

Akhirnya tibalah hidangan yang saya pesan di meja, potongan daging rusa dan paprika dengan rasa asam manis. Daging rusa ternyata memiliki tekstur yang sangat lembut, hampir mirip dengan daging sapi tetapi jauh lembih empuk. Bagi para penggemar daging, kalau menemukan menu daging rusa dimanapun, rasanya wajib untuk dicoba untuk merasakan sensasi kelembutan daging ini.

Score:
Deer hot plate - Green View Restaurant : 8

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Waduh boljug tuh deer hot plate-nya, tapi kalo lihat sausnya kayaknya bisa ngilangin rasaasli daging rusanya. tapi buat para the deer hunter kalo mau nyoba kuliner lain dg bahan dasar rusa di banjarmasin ada sate rusa trus di sumbawa besar ada yg namanya dendeng rusa jadi boleh dicoba juga

    ReplyDelete
  2. wah boleh juga tuh mas dodo, bulan ini keliatannya mau ke banjarmasin, bisa saya coba deh sate rusanya. thx.

    ReplyDelete
  3. Wah asyikkk....kalo mo yang lebih asyik infonya juga ada di baliniku.com
    info lengkap mengenai masakan bali

    ReplyDelete
  4. sayang sekali, resto ini skrg ud tutup. sbg gantinya, cobain RM yougwa. kalo dari bandara sentani, sebelah kanan jalan. cobain gabus woku belanga. gabusnya segar banget, langsung ambil dari danau sentani di bawah resto ini.

    ReplyDelete