Thursday, August 2, 2007

Kuliner 16 - Lalapan Mujair, Jayapura


11 Juli 2007, hari pertama dr 3 hari rencana saya berada di bumi Papua ini, setelah menempuh perjalanan selama 7 jam, berangkat dr Jakarta jam 21.50 dan baru mendarat di Bandara Sentani sekitar jam 7.30 WIT. Saya pikir memilih penerbangan malam hari dapat istirahat dengan tenang, tnyata jalan malam hari malah benar-benar membuat capek. Gak lagi deh jalan malam.

Dalam perjalanan ke hotel, saya dan rekan setia saya, Mas Susi, diajak dulu untuk makan di RM Lestari Abadi, yang berlokasi di kawasan Jl. Abepura, Kotaraja. Hanya ada dua menu utama di RM ini, Lalapan Mujair dan Lalapan Ayam. Saya memilih menu yang pertama, Lalapan Mujair. Apa sih lalapan mujair? Ternyata ini adalah goreng ikan mujair yang disajikan dengan sambal lengkap dengan lalapannya seperti kol, kacang panjang, daun singkong & timun.

Yang terasa beda adalah ukuran mujairnya, gede banget, kaya ikan gurame. Digoreng kering, rasanya bener-bener deh... muantapp. Mungkin gara-gara saya udah lama ga makan ikan goreng kali ya. Sayang, sambelnya bukan gua banget, gak ada manis-manisnya sedikitpun. pedes banget lagi. Tapi semua ketutup dengan renyahnya mujair goreng... hmmmm

Score:
Lalapan Mujair (tanpa sambel) : 8

Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. wahh.....boleh juga itu lalapan mujairnya dan ternyata emang gak salah lagi bila di ancungi jempol...apalagi dengan mujairnya yang gurih dan empuk

    ReplyDelete
  2. kalo ke jayapura lagi, harus ke RM Ratu Aroma, lokasinya disebelah RM Lestari Abadi yang diposting ini. Menunya disitu lebih mantaap: mujair bakar woku atau rica2 pas banget, sambelnya juga pas.

    ReplyDelete
  3. RM makan lestari emank enak..klo ke jayapura wajib singgah ni....

    ReplyDelete