Tuesday, July 24, 2007

Kuliner 14 - Sop Saudara Makassar


Satu lagi makanan unik yang saya temui di Kota Makassar, namanya Sop Saudara. Saya diajak ke salah satu tempat makan yang menyajikan kuliner ini di Jalan Andalas, persis di samping Masjid Raya Agung Makassar yang dibangun oleh keluarga Jusuf Kalla.
Sop Saudara merupakan masakan khas daerah yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya (dari webnya pemkot makassar).


Ketika saya datang langsung disuguhi oleh pemandangan ikan bandeng ukuran jumbo yang sedang dibakar di depan rumah makan, tadinya saya pikir ini adalah sop ikan, ternyata dugaan saya salah. Ikan ini merupakan lauk pendamping saja. Saya heran melihat ikan bandeng ukurannnya bisa tiga-empat kali ukuran ikan bandeng presto yang saya sering makan. Dikasih cocolan bumbu kacang dan kecap, rasa ikan bandeng jumbo ini memang luar biasa. Dan Sop saudara yang menjadi menu utama ternyata sangat-sangat segar. Kesimpulannya : Wajib Dicoba.

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. Saya jadi ngiler setelah membaca ini Mas....!

    ReplyDelete