Saturday, July 7, 2007

Kuliner 12 - Ikan Bakar Lae-Lae Makassar


Kunjungan saya kedua kalinya ke Makassar yang merupakan sentra Indonesia Timur kali ini banyak membawa oleh-oleh coretan kuliner di kota ini. Seminggu saya disana, banyak sekali kuliner khas Kota yang dahulu bernama Ujung Pandang ini. Oleh karena itu, tulisan tentang kuliner kota Makassar ini saya bagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama ini akan berisi coretan tentang Ikan Bakar Lae-Lae, salah satu rumah makan yang menyajikan menu utama berbagai macam sea food yang terletak di sekitar Pantai Losari.

Sama dengan kunjungan saya ke Padang, beberapa waktu lalu, pada tanggal 24 Juni 2007 saya terbang ke Makassar selama satu minggu untuk memenuhi undangan Badan Litbang SDM Depkominfo untuk memberi pelatihan TIK dan eGovernment bagi aparatur pemerintah di Propinsi Sulawesi Selatan. Mendarat di Bandara Hasanuddin Makassar, saya dan rekan seperjuangan, Hadi Susilo, langsung diajak menikmati makan siang Ikan Bakar, tepatnya di Ikan Bakar Lae-Lae.

Tiba di rumah makan ini, kita langsung diminta memilih ikan atau makanan laut lainnya yang akan disajikan. Dari berbagai jenis ikan, kita memilih ikan baronang bakar sebagai menu utama, dengan beberapa porsi udang bakar dan udang goreng tepung sebagai pelengkap, dan tak lupa kangkung ktia pesan sebagai menu sayurannya. Ikan bakar ini disajikan dengan berbagai jenis sambal, tetapi yang sangat khas adalah sambal mangga. Sebagai appetizer kita memesan otak-otak.

Bagaimana dengan rasanya? Walaupun cukup enak, tetapi menurut saya rasanya masih kalah dengan ikan bakar di kota ini yang pernah saya kunjungi tahun lalu (lihat Kuliner 03). Ikannya memang cukup mantap, tapi bumbunya tidak selezat di tempat itu. Otak-otaknya juga cukup enak, tapi tidak terlalu wah. Yang menurut saya cukup lezat adalah Udang Goreng Tepung-nya. Renyah dan gurih sampe ke kepala-kepalanya.

Minuman yang saya pesan waktu itu juga tidak kurang menarik, saya memesan Juice Terong Belanda. Rasanya seperti Juice jambu batu tetapi lebih cair. Sangat menyegarkan di siang hari yang panas di kota Makassar ini. Selain juice ini, minuman yang layak dicoba adalah Es Kelapa Muda, gula yang digunakan untuk es kelapa muda ini adalah gula merah, sehingga rasanya cukup "nendang" :). Saya memesan Es Kelapa Muda ini saat malam terakhir kunjungan saya kali ini.

Jadi buat temen-temen yang mendapat kesempatan berkunjung ke makassar, Ikan Bakar Lae-Lae merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang perlu dikunjungi untuk menikmati beragam hidangan laut seperti ikan, udang dan cumi-cumi yang bisa disajikan dengan berbagai variasi seperti digoreng, dibakar, bumbu rica-rica, asam manis dan lain-lain. Selamat mencoba....

Score:
Ikan Bakar : 7
Udang Bakar : 7
Udang Goreng Tepung : 7,5
Otak-otak : 6,5
Juice Terong Belanda :7,5
Es Kelapa Muda : 8

Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. makasar memang tidak ada matinya..pa lagi kulinernya.ayo liburan ke makasar

    ReplyDelete
  2. baru dengar nama ikan lae-lae... ikan nya cuma ad d makasar yah?

    ReplyDelete
  3. yuuk di lihat fanpage masak.tv di facebook atau bisa follow @MasakTv, kita bisa berbagi informasi seputar masakan khas Indonesia, atau bisa berbagi resep juga. kalau ingin tau lebih jauh apa itu masak.tv bisa lihat profil video kita. http://www.youtube.com/watch?v=Y7anACcN5_g&feature=youtu.be Terima Kasih

    ReplyDelete