Friday, June 15, 2007

Kuliner 11 - Juice Ketan Hitam & Juice Pinang Muda


Satu lagi dari hasil dari wisata kuliner di kota Padang, selain makanan khas, daerah ini juga menyajikan banyak minuman khas. Salah satu diantaranya adalah Juice Ketan Hitam. Rasanya benar-benar segar, walau terkesan terlalu manis (bahasa sundanya giung). Setelah saya amati, walau makanan khas Padang jarang sekali yang manis, akan tetapi untuk minuman ataupun makanan ringan (snack) dari provinsi ini cenderung sangat manis.


Selain juice Ketan Hitam, saya juga sempat mencicipi juice Pinang Muda. Berbeda dengan juice pinang muda yang saya rasakan di RM Pak Datuk beberapa bulan yang lalu, di padang, tepatnya di restoran hotel Pangeran Beach, juice ini tidak disajikan dingin tetapi panas. Rasanya pun tidak seperti yang saya ceritakan dulu, tapi ada aroma jahenya disana, mirip sekali dengan minuman Saraba, yang merupakan minuman khas kota Gorontalo.

Ada satu lagi, minuman unik dari kota ini. Di malam hari saya iseng jalan2 di depan hotel untuk mencari makanan. Ketika sedang membeli sate padang di pinggir jalan, di sebelahnya saya melihat ada tukang jamu yang sedang melayani banyak pengunjung untuk membeli minuman berwarna hijau. Ternyata minuman itu cingcau, disajikan dengan beberapa pilihan sirup seperti sirup jeruk nipis dan kelapa. Saya mencoba membeli satu bungkus, lumayan lah untuk menghilangkan panas dalam hehehe

Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment