Thursday, March 15, 2007

Kuliner 07 - Warung Makan ROSYA Kebumen

Minggu terakhir survey, tugas saya untuk mengunjungi tiga kota di Jawa Tengah, yaitu Purwokerto (Kab Banyumas), Cilacap dan Kebumen. Tapi coretan saya kali ini tidak membahas makanan dari dua kota pertama. Saya akan langsung cerita tentang pengalaman kuliner saya di tempat yang terakhir yaitu Warung Makan Rosya, Kebumen. Warung makan ini saya kunjungi pada waktu makan siang, sekaligus menunggu waktu bertemu Ibu Bupati Kebumen yang pada saat itu masih mengikuti acara Dengar Pendapat Fraksi di DPRD.

Berdasarkan rekomendasi dari pengantar saya, makanan yang paling spesial di WM Rosya ini adalah Sop Buntut. Hmmmm... yummiii. Tidak berapa lama menunggu sepiring nasi hangat dan semangkuk sop buntut yang masih mengepul telah tersaji dihadapan saya. Rasanya sangat "rumahan" sekali, tidak terlalu neko-neko tapi benar-benar menggugah selera, mengingatkan saya akan masakan Ibu di rumah. Dalam waktu sekejap, piring di depan saya sudah bersih, dan saya segera mengambil tissue karena segera saja bulir-bulir keringat mengucur karena udara di Kebumen ini yang sangat panas ditambah dengan sop panas yang ludes dengan cepat.


Ternyata tidak hanya itu hidangan yang merangsang air liur saya di WM Rosya ini. Di depan saya juga tersaji tempe goreng tepung, atau orang juga menyebutnya dengan tempe mendoan. Ditambah dengan sedikit sambal dan kecap, tidak terasa tiga lembar tempe mendoan ini sudah masuk ke jalur pencernaan di perut saya. Nikmat sekali.

WM Rosya ini juga menyediakan makanan-makanan lainnya yang dapat dipilih dalam bentuk prasmanan. Ada opor ayam kering, sate, tempe goreng kering, cumi, mie goreng dan masih banyak lagi. Pengen rasanya mencicipi semuanya, apadaya perut buncit ini ternyata sudah tidak memiliki ruang kosong.

Akhirnya setelah menunggu beberapa lama, saya berkesampatan juga bertemu dengan Bupati Kebumen, Ibu Dra. Hj. Rustiningsih, MSc, yang dengan bersahaja menerima kami dan mendiskusikan tentang e-Government di Kabupaten Kebumen. Walau beliau seharian menghadiri rapat di DPRD tetapi tidak tampak kelelahan di wajah ibu bupati yang tengah menjalani periode keduanya sebagai bupati Kebumen ini. Terima kasih ibu sudah berkesempatan menerima kami, terima kasih juga untuk Bapak Sugiyanto yang sudah mengantar-ngantar kami keliling Kebumen. Kapan ya bisa nyicipin menu lain di WM Rosya?

Score (1-10):
Sop Buntut Rosya : 8
Tempe Mendoan : 8

Kuliner lain di kota ini:



7 comments:

  1. wach..........jdi ngiler nich....aq
    kapn2 mampir lach klo balik ke kebumen

    ReplyDelete
  2. Salam kenal.......
    Mas Indriyatno Banyumurti.... Saya Ratie rizalno
    Saya baru pindah ke Kebumen 3 bulan lalu, sebelumnya stay di Bandung & kebetulan sekali saya dapet rumah di perumahan Jatisari Indah, dekat terminal Bis Kebumen, Soo....every day saya lewat RM ROSYA.
    Saya belum pernah nyoba, tapi sedikit keheranan juga, sebab hampir setiap jam makan siang, parkiran RM ROSYA always full.
    Jadi penasaran juga.......mau nyoba SOP BUNTUT'nya...
    Thanks mas.....
    Saya yang awalnya bingung tinggal di Kebumen, jadi ada pandangan masalah KULINER :)

    ReplyDelete
  3. kalo ke kebumen ga lengkap rasanya kalo ga makan sate ambal (sate ayam dg bumbu kacang)

    ReplyDelete
  4. Betul Vie,Sate Ambal makanan khas dari Kec.Ambal,biasa dijajakan di Pasar lama Kutowinangun. dan yang terkenal bumbunya bukan dari kacang,tapi dari tempe kedelai. Rasanya maknyuss..

    ReplyDelete
  5. Makanan khas lagi yang khas dari Kebumen adalah Sate Ambal (sate ayam)dari kec.Ambal, Kebumen. Bumbunya bukan terbuat dari kacang,tapi tempe kedelai. biasa dijajakan di pinggiran jalan raya Kutowinangun,Kebumen. maknyusss!!

    ReplyDelete
  6. karena suami dari kUtowinangun, aku jadi tahu sate ayam amba, rasanya manis bumbunya memang agak aneh, tapi enak juga seteah dirasa rasa, ohh ya di kutowinangun juga ada warung AsIi, datang dan coba, disana ada minuman jahe yg josss, bisa bei biang jahe,,,buat sajian wedang jahe di rumah, siakan coba!

    ReplyDelete