Wednesday, January 31, 2007

Kuliner 02 – Rujak Cingur Cafesera Surabaya

Dari Singkawang, perjalanan dilanjutkan ke Semarang. Transit sebentar di Bandara Soekerno Hatta, sore itu juga (tanggal 26 Nov 06) saya melanjutkan perjalanan ke Semarang. Tetapi sayang, saya tidak bisa mampir-mampir mencari tempat makan di kota Lumpia ini karena datang sudah malam dan saya langsung ke rumah kakak saya yang memang berdomisili di Semarang. Dan besoknya, setelah acara saya langsung mengejar pesawat pulang kembali ke Jakarta.

Hari Selasa (28 Nov) subuh-subuh saya sudah ada di Bandara Soekarno Hatta untuk terbang ke Surabaya. Hitung-hitung, setelah selesai acara saya masih punya waktu untuk jalan-jalan cari makanan sebelum kembali ke Jakarta sore harinya. Kemudian saya kontak teman saya, Rahmat Candrasuci, yang bekerja di United Tractors Surabaya untuk nemenin saya jalan-jalan.

Setelah bingung mencari tempat makan, akhirnya saya dibawa ke Cafesera, tepatnya di Jalan Polisi Istimewa. Banyak sekali menu yang tersedia di tempat ini, tetapi saya memilih yang khas Surabaya tentunya. Apalagi kalau bukan Rujak Cingur . Sudah lama tidak makan Rujak Cingur karena susah mencari teman yang sama-sama suka menikmati makanan "hidung sapi" ini :-)

Porsi yang cukup besar, sempat membuat saya berpikir, bisa gak ya ngabisinnya? Soalnya saya baru saja makan siang di tempat acara. Tetapi gak tau karena enak atau emang dasarnya hobi makan (baca : rakus)) dalam sekejap rujak cingur di hadapan saya tinggal tersisa sedikit bumbu yang menempel di piringnya. Ueenak tenan…. Tidak rugi waktu yang sedikit ini saya manfaatkan untuk wisata kuliner. Apalagi makannya gratisan karena ditraktir Mas Rahmat :-). Thx pren...
Score (1-10):
Rujak Cingur Cafesera : 7,5

Kuliner lain di kota ini:



6 comments:

  1. mas indri biar tambah sip foto hidangan yang diceritakan ditampilkan juga... lebih ngiler dech

    ReplyDelete
  2. justru itu pak faridh, idenya telat, jadi gak sempet poto2... :)

    ReplyDelete
  3. mas...tau info ttg mie jogja pak karso??? apa ada cabangnya di surabaya???

    trims ya....

    ReplyDelete
  4. kalo ke surabaya lagi mampir ke kedai Kupang Ningrat bang... makanan khas surabaya-sidoarjo yaitu kupang lontong... ada di Surabaya Town square Jl.adityawarman surabaya.

    ReplyDelete
  5. ini mas yang perlu dicoba :
    1.jalan garuda, lontong balap.
    2.pasar pucang, nasi pecel campur kuah rawon.
    3.jalan kalasan, tahu campur, lontong kupang jangan lupa es degan.
    4.jalan dinoyo, tahu tek pak ali <-- ini belum nyoba, biasa nyoba yang lewat di deket rumah soalnya, udah lumayan mantab.

    ReplyDelete
  6. halo mas bro, yg ini juga perlu di coba loh...
    1). bebek pak karto, sampingnya linda jaya lurus dikit, garansi non kolesterol katanya
    2). rujak cingur nur aini di raya sedati, sebrang pasar wisata mcm2 menunya.
    3). pecel setan, depannya kf ngagel, masuk gang, tanya tukang parkir lupa ancer2nya, bukanya jam 24.00 lewat dikit, belum ada 1 jam dah ludes habis
    4). rujak cingur wahid hasyim, jl. wahid hasyim 48d
    5). bebek penyet pahlawan
    6). bebek songkem.. nyebrang ke madura lewat suramadu lohh
    7:. lontong balap aloha (jln masuk ke lotte mart waru, kaki lima pinggir sungai) mantap juga loh
    8). kikil sapi waru jaya.. memang jaya pol rasanya, seberang stasiun kereta waru
    9). semanggi di resto kartika

    ReplyDelete